Martabak dan Risoles

Wiken kemarin banyak sodara-sodara plus mertua lagi nginep di rumah, karna bingung mau disuguh apa, jadinya bikin 2 jenis gorengan ini. Kalau risolesnya saya sering bikin dari pas SMA, nah..martabaknya ini baru bikin pertama kali. Kenapa akhirnya memutuskan bikin martabak? Karna daun bawang yang saya beli dari kapan hari itu menuh-menuhin kulkas >.<
Hehe.. soo..ini resepnya, :D
Bahan Kulit :
- tepung terigu (takarannya kira-kira aja,hehe)
- sedikit tepung beras, kira-kira 1-2 sendok makan
- margarin 1 sdm, dicairkan
- 1 butir telur
- garam dan gula sedikit
- air
Cara bikin: campur semua bahan, dadar satu-satu. Kmaren ini jadinya 20 kulit. Sebagian saya bikin martabak, sebagian lagi dibikin risoles isi sayur.
Bahan Isi Martabak:
- 1 butir telur dikocok
- banyak daun bawang, iris tipis-tipis
- garam
- lada
Cara bikin martabak:
- taruh sesendok isi (lebih baik telurnya jangan banyak yang keikut, biar ga bleberan kemana-mana)
- lipat bentuk kotak, perekatnya pakai putih telur (saya ambil sedikit putih telur dari adonan kulit, hehe..)
- goreng deh, :)

Bahan Isi Risoles Isi Sayur (bisa dimodifikasi sesuai bahan yang ada di dapur, karna saya pun begitu, :p ):
- wortel, potong bentuk korek api
- kol, iris tipis
- tauge yang masih kecil ( tauge kacang hijau yang pendek-pendek)
- bawang bombay 1 biji, iris tipis
- bawang putih 1 siung, cincang
- garam
- gula
- lada
Cara Bikin Risoles:
- tumis bawang bombay dan bawan putih sampai harum
- masukkan irisan wortel, masak sampai wortelsetengah matang
- masukkan kol dan tauge, beri garam+gula+lada.
- taruh sesendok isi di kulit, gulung memanjang seperti gambar atau sesuai selera. Rekatkan dengan putih telur ( kalau kepepet, saya biasanya pakai terigu yang diberi air sedikit, dan berhasil ^^ )
- goreng dan siap dihidangkan, :D

Ga sempet ngambil foto, gambar ambil dari sini dan sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^