Amaranth atau Spinach

Dikarenakan beberapa hari ini ngubek-ngubek website tentang gardening, trus jadi bingung, kenapa bayam disebutnya amaranth, tapi kadang disebut juga spinach. Bingung tuing tuing... @_@
Ah, nemu penjelasannya di wikipedia, nih saya copasin, :)

Bayam (Amaranthus)
Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris.

Bayam (Spinacia)
Spinacia sering dipakai dalam masakan Eropa dan wilayah Laut Tengah. Daunnya yang muda dapat dimakan mentah dan dijadikan salad. Di Indonesia dapat dijumpai di supermarket dan kadang dikenal sebagai spinach (dari bahasa Inggris), berbeda dengan bayam (Amaranthus) yang banyak dikenal di Indonesia sebagai "spinach". Spinacia biasanya tidak cocok untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia karena cepat berbunga sehingga tidak menumbuhkan banyak daun.

Walaupun sering disebut "bayam," sebetulnya Spinacia berbeda dengan bayam yang dikenal. Rasanya pun berbeda. Tidak jelas asal-usul kerancuan ini, tetapi penerjemahan tulisan "spinach" dalam film kartun "Popeye" menjadi 'bayam' memopulerkan kerancuan ini. Penerjemahan itu sendiri dari sudut pandang ilmu gizi tidak terlalu salah karena keduanya sama-sama kaya akan besi dan spinach bukanlah sayuran yang populer di Indonesia.

 Bayam (spinacia)

Bayam (amaranth)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^