Pergi Haji? Mauuuuu.... #Part1

Pergi haji tentulah keinginan setiap muslim, nggenepin rukun islam gitu loh. Siapa yang gak mau. Impian dan cita-cita kami (saya dan suami) adalah bisa pergi haji sebelum jalan kami bungkuk-bungkuk (baca: jadi nenek2 dan kakek2, hehe..). Semoga diberi umur panjang jadi bisa ke Tanah Suci, aamiiinnn #khusyuk.

Alhamdulillah ada rejeki yang bisa digunakan buat daftar haji. Berhubung saya dodol masalah daftar mendaftar haji, jadilah saya ngeluarin jurus andalan saya, tretetetet...mbah gugel. Ahaha.. Dan bingunglah saya, syaratnya beda-beda #mewek. Berbekal modal nekat, saya (eh, sama suami ding) langsung nekat capcus aja ke bank. Nyelametin duitnya dulu, sebelum kepake buat yang lain-lain, hehe.. maklum, ngepres. Trus simpenan buat ntar mbak Nara sekolah nanti? InsyaaAllah akan ada rejeki lagi. Aamiiinnn lagi..

Nah, mau critacrita prosedurnya nih. Siapa tau bermanfaat buat yang pengen daftar haji. Oia, saya daftarnya pas awal April 2014 ya, jadi mungkin aja beberapa bulan ke depan udah beda lagi prosedurnya. Nah, pertama saya..

1. Ke bank buat bikin tabungan haji (saya ke Bank Muamalat).
Buka rekening hajinya bisa pas kita udah punya dana setoran awal haji (pas saya daftar, perlu Rp25.000.000+Rp100.000 buat saldo di tabungannya, gosipnya bentar lagi mau ada kenaikan jadi Rp30.000.000) atau bisa juga sebelum kita punya dana segitu. Bebas aja. Nanti bisa dicicil nabungnya. Ya sebagaimana prosedur buka tabungan, ngisi formulir, nyerahin KTP asli sama NPWP. Kalo gak punya NPWP, nanti bisa diganti pake surat pernyataan dari bank nya. Kalo kita dah punya dana buat setoran awal, nanti bisa langsung dipindahbukukan ke tabungan haji kita. Pas banget tabungan saya di Muamalat juga, jadi lebih gampang ngurusnya. Dari tabungan biasa dipindah ke tabungan haji. Proses ini kira-kira perlu waktu 45 menit lah, tergantung antrian di bank, heheh..
Nah, kalo tabungan haji kita dah ada minimal Rp25.100.000, kita bisa lanjutin ke tahap berikutnya, yaitu..

2. Ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai KTP kita.
Nah, kalo tabungan haji kita dah ada dana minimal Rp25.100.000, kita langsung ke ke Kantor Kemenag bagian pendaftaran haji dan umroh. Awalnya saya mau nanya syaratnya aja, soalnya kata mas2 CS Bank Muamalat perlu beberapa berkas kayak KK sama akte nikah. Daripada ntar bolak balik, langsung cuss ke Kemenag aja buat pastiin syarat pendaftarannya.

Pake acara muter-muter n nyasar dikit karna ternyata orang yang ditanyain jalan ga paham 'Kemenag', taunya 'Depag', zzz...

Dan pas udah nyampe sana, ternyataaa..gak ribet sama sekali. Cukup ngisi formulir sama nyerahin KTP asli+ buku tabungan haji. Udah itu tok, berkas lainnya bisa menyusul katanya. Yo wis, langsung daftarlah kami. Ntar abis ngisi formulir, dipanggil buat foto sama ambil sidik jari. Trus nanti dapet 3 lembar kertas yang salah satunya mesti kita serahin ke bank lagi buat dapet nomor porsi haji. Alhamdulillah pegawe Kemenag Bantul baik-baik, dah lewat dari jam 12 tetep mau nerusin ngurus pendaftaran, nanggung katanya. Makasih ya Bapak Ibu ^^. Oia, ini prosedur di Kabupaten Bantul loh ya, jadi mungkin aja beda di Kabupaten/Kota laen. Di sini perlu waktu skitar 45 menit juga, mungkin karna udah mau istirahat siang, jadi sepiii, hehe... Habis itu..

3. Ke Kantor Pusat Bank Muamalat.
Kalo Muamalat Jogja harus ke kantor utamanya di Jl. Mangkubumi (deket Malioboro). Kata Mbak CS Muamalat yang imut dan cantik ituh #salahpokus, sebenernya maksimal transfer dana ke Kemenag Pusat itu jam 2 siang. Tapi dicoba dulu aja katanya. Soalnya pas saya nyampe sana udah jam setengah 3. Untung masih bisa. Yang kita perlukan pas tahap ini cuma KTP asli, buku tabungan haji sama kertas print2an yang kita dapet dari Kemenag tadi. Udah. Trus nanti dana kita dipindahbukukan dari tabungan ke Kemenag Pusat buat dapet Nomor Porsi Haji. Alhamdulillah udah dapet ^^. Kira-kira 15 tahun lagi kami berangkat ke Tanah Suci, insyaAllah.. Oia, waktu yang diperlukan sama juga, skitar 45 menit.

Seharusnya habis itu kami musti balik lagi ke Kemenag Bantul buat nglengkapin berkas-berkas, tapi berhubung dah sore, dilanjut besok atau lusa prosesnya. Jadi dari jam 10 pagi sampe jam 3 sore bisa ngurus prosesnya sampe 3 tahap itu. Plus buat wisata kuliner+sholat+cetak foto. Hehe..
Next... #Part2 #capengetik

6 komentar:

  rumahbulan

3 April 2014 pukul 08.27

25 juta + 100 itu buat 1 orang? dan jatah nunggunya 15 tahun? wow.. :O

  nee

3 April 2014 pukul 08.47

Iyaaa..dan gosipnya bntar lagi naik jadi 30 jeti bok #puyeng.
Iya, di Jogja 15 taun nunggunya, trus Jatim juga. Tau deh kalo di Jkt, eh..KTP Asti udah Jkt ato msh daerah asal?

  rumahbulan

3 April 2014 pukul 13.54

masih daerah asal, dan masih belum kawin :D

  nee

3 April 2014 pukul 16.07

jiaaa... ayo geh diurus, ntar biar kalo dedek lair bisa langsung diurus akte sama KK nya..

  astika

4 April 2014 pukul 13.28

kata mb indri yang penting KK dulu. bikin postingan dong ttg ngurus KK setelah nikah. kayanya emang butuh tp waktunya itu yg bentrok mulu.

  nee

4 April 2014 pukul 15.26

Haha..aku bikin KKnya nitip orang kelurahan. Tinggal setor fotkop KTP, dll plus uang bensin. Tau2 KKnya dah jadi, :P

Baru inget, Nara juga belon masuk KK.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^