Acar Bumbu Kuning dan Cumi Krispi

Wiken adalaaahhh... hari memasak. Pengennya sih bisa masak macem-macem buat stok seminggu ato mungkin sebulan kayak di onceamonthmom.com, tapi belum mampu soalnya peralatan (baca: handblender) belum menunjang  *lirik Abi, ganti dipelototin*
Kemaren nyoba bikin cumi krispi sesuai resep di sini. Pikir saya, asik nih, bisa buat stok. Pas udah jadi dan digoreng, jreng jreenggg..Abi gak suka T-T. Katanya tepung rotinya merusak rasa, enak bikinan saya yang biasanya, yang cuma pake adonan tepung terigu. Hikss..trus nasib cuminya pegimaneee?! Sabar ya cumi, *pukpuk cumi* lama-lama bakal abis kok, tenang aja. Btw, Abi bilang gak suka, tapi pas siang pulang tadi tiba-tiba cuminya tinggal secimit,wkwkwk.. Pas saya tanya, katanya, "Kalo buat lauk ternyata enak", *ngakak guling guling*. Okedeh, cumi kurang berhasil karena Abi ga terlalu suka. Jadi bakal bikin cumi goreng tepung biasa aja dan menikmati cipratan minyaknya. Entah kenapa kalo goreng cumi tepung paaasti ada adegan minyak meleduk, jadi deh dapur belepotan minyak >.<

Selain bikin cumi krispi, kemaren saya iseng bikin masakan yang rada rumit. Yap yap, acar bumbu kuning. Kenapa saya kategorikan rada sulit, soale saya biasanya masak yang tumis-tumis aja, which is bumbunya cuma bawang merah putih plus cabe,hahaha.. Rasanya sih enak, gak kalah sama yang biasa di acara kawinan gitu. Berarti saya udah sah jadi mastercep doong,qeqeqe..
Potonya potonya? Hahah..kagak sempet ^^, saya bagi resepnya aja

Bahan:
- 4 buah timun kecil, buang bijinya, jangan dikupas kulitnya, potong seukuran jari kelingking. Kalo mau dipotong bentuk lain juga boleh, bisa bentuk segitiga, bulet-bulet, ato mungkin belah ketupat, hihi
- 3 buah wortel, kalo yang ini dikupas kulitnya yaa, potong sama kayak ketimun
- cabe rawit merah/ hijau utuh
- bawang merah kecil-kecil utuh

Bumbu halus:
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- kunyit secukupnya
- 2 buah kemiri
- merica

Bumbu lain:
- 2 lembar daun salam
- 2 buah serai, memarkan
- jahe secukupnya, memarkan
- cuka
- garam
- gula

Caranya?biasa aja. Tumis sampe wangi bumbu halus bareng sama daun salam, jahe, serai. Masukkan bahan-bahan acar, tambahkan cuka, garam, gula. Tambahkan air. Icipi sampe rasanya pas dan tunggu sampe matang. Jangan terlalu lembek sih enaknya, jadi masih kriuk-kriuk timun sama wortelnya.
Oia, sambil masak ini saya jadi keinget postingan saya yang ini, maksut saya yang beranak pinak membabi buta itu serei ding, bukan lengkuas *diomelin sama ketua suku rempah-rempah*

Hmm..mau baca-baca onceamonthmom.com dulu ah, biar bisa nyetok dan gak kelabakan bikin lauk kalo malem, :P

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^