TV, Yay or Nay?

Kemarin pas saya pulang kantor, terdengar dari bangunan sebelah (restoran) suara dangdutan yang cukup bikin telinga saya protes. Selain karena emang brisik, liriknya ituloohhh.... "ku hamil duluan, sudah 3 bulan,dst..". Ampuuuunnnn...rusak rusak. Udah gitu entah lagi ada acara apa sampe ada dangdutan gitu, yang jelas banyak yang nonton, karena suara penonton-yang-dengan-hebohnya jelas kedengeran lagi niruin ntu lagu. Tambah rusaaaakkkk!!!

Huffhh...emang ya, keadaan sekarang makin rusak aja. Salah satu buktinya bisa dilihat dari lirik-lirik lagu yang makin "berani", misalnya lagu di atas, atau lagu yang liriknya "mari berc*nta". Doeenggg... sebagai orang tua (yang anaknya baru umur 4 bulan) jadi ketar ketir dengan nasib pergaulan anak saya ntar. Gak lagu, gak pula sinetron. Tontonan TV jarang yang mendidik. Stasiun TV yang lumayan mendidik itu setau saya Trans7, acaranya lumayan bagus buat anak-anak, ada si Bolang, Laptop si Unyil, Dunia Binatang, Koki Cilik, dll. heheh..apal amat saya, karena emang kalo nyetel TV, cuma channel itu aja yang saya tonton, lainnya? Ogah.

Loh..loh..kok jadi promosi stasiun TV? Gapapa...daripada anak kita nonton sinetron-ibu tiri-bunuh-anak tiri atau sinetron-anak-ketuker atau juga sinetron-anak mati-idup lagi,heheh.. Jadi inget anak sodara saya yang umurnya 6 tahun, ketagihan nonton sinetron bok. Apal semua nama karakter dan betah nongkrongin TV sampe abis sinetronnya (sekitar jam 10 malem). Miris >.<

Jadi, gimana dong solusinya? Hmm..dari hasil saya baca-baca dan semedi *halah, ada beberapa hal:
1. Batasin nonton TV, kalo anak udah mudeng kita ajak ngomong, bikin perjanjian dengan anak jam maksimal nonton TV, misal: 1-2jam sehari. Dan tentukan juga channel yang mau ditonton.
2. Dampingi anak ketika nonton TV, selain buat ngawasin apa yang ditonton anak, sekalian jelasin kalo ada hal yang kiranya butuh penjelasan.
3. Ajak anak lebih banyak bermain daripada nonton TV, misal: menggambar, mewarnai, bikin ketrampilan (bikin bunga, vas bunga, dll). Pokoke ortu mesti kreatif. Dengan anak banyak kegiatan, dia akan lupa dengan TV.
4. Melarang sama sekali nonton TV malah akan bikin anak penasaran. Dan efeknya dia akan nyari tau di luar rumah, misal ke tetangga. Malah lebih repot karna tidak terpantau oleh kita. Jadi, memilih channel yang baik dan mendampingi tetep lebih baik menurut saya. Kalo kata suami saya, mending imun daripada steril. Karena steril lebih rawan kena "virus".

Cuma sekarang masalahnya, buat ibu-ibu bekerja kayak saya, yang gak bisa ngawasin anak 24jam dan mesti ditinggal sama pengasuh. Enak sih kalo pengasuhnya bisa diarahin, kalo engga? Hmmm..Peer lagi nih, huhuhu..

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^