mbak Nara Diare

Hmm..setelah 4 bulan yang lempeng-lempeng aja alias mbak Nara (4m3w) sehat sentosa, kemaren kena diare juga. Awalnya pup rada-rada cair sehari sekali. Masih tenang-tenang aja, soalnya 2 minggu yang lalu juga gitu, pup cair tapi frekuensi masih sehari sekali. Eh, ternyata besoknya, hari Jumat,  mbak Nara pup 4xsehari. Oke, saya mulai khawatir. Observasi pun dimulai. Frekuensi dan tekstur pup diinget-inget. Lama-lama pupnya ada lendirnya. Wooh..ini mah diare beneran. Sampe puncaknya, hari Sabtu, mbak Nara pupnya 10xsehari. Akhirnya bawa ke dokter, dan melihat dari tanda-tandanya:
- pup udah lebih dari 4x sehari
- pupinya encer, agak hijau, berlendir dan agak berbusa
mbak Nara dinyatakan diare karena bakteri which is dari yang saya baca, kalo musim ujan emang diare karena bakteri itu mulai menyemarak *halah*.

Diarenya sendiri sih gak terlalu bahaya, bisa sembuh dengan sendirinya, tapi yang bikin bahaya itu dehidrasinya. Bisa sampe fatal. Inilah tantangannya, mbak Nara itu mimiknya susaaaah..mau mimik tapi kadang cuma 5 menit ajah. Haduuh..udah rada-rada panik saya.
Pas ke dokter dikasi obat:
- antibiotik
- lacto-b : bakteri baik buat ngelawan bakteri jahat di usus
- zinc : buat pelapis usus

Rada-rada dilematis, pengennya ga ngasi obat-obatan kimia karena mbak Nara (insyaAllah) ASI eksklusif. Bilang ke suami, mau observasi dulu. Suami yang rada-rada panik juga malah balik nanya, "Mau observasi sampe kapan, observasi tuh sehari trus udah ada kesimpulan. Ini udah 2 hari.". Ya sudahlah, daripada-daripada, berbekal tanya temen yang dokter dan sodara yang bidan, akhirnya saya ngasih obat ke mbak Nara. Tapi tanpa antibiotik, dicoba dulu gak pake antibiotik ada perubahan gak. Alhamdulillah besoknya, hari Ahad, pup udah 3xsehari walo masih berlendir. Dan hari Seninnya udah 1xsehari. Alhamdulillah...

Lacto-b bisa dihentikan kalo udah gak diare, tapi zincnya mesti diabisin biar mencegah diare 3 bulan berikutnya. Mana mbak Nara kalo dikasi ngelepehin mulu ntu zinc-nya. Padahal rasanya manis loh *saya nyicip,hihi..*

So, RUM (Rational Use of Medicine) itu memang perlu, tapi juga jangan anti minum obat ya kalo emang perlu. Jadi, selain banyak tanya *baca:cerewet* sama dokter, banyak-banyak cari info juga soal sakit anak kita. Untuk antibiotik sendiri, memang rada-rada dihindari, soalnya dosisnya akan tambah terus di pemakaian selanjutnya.

Sedikit tips saat anak diare:
-Kalau ada perubahan tekstur maupun frekuensi pup anak, langsung observasi dan catat *boleh di buku, boleh di otak*
-Dikatakan diare kalo frekuensi pup dalam sehari lebih dari 4x
-Kalo pup anak agak hijau, berlendir, dan berbusa, biasanya itu karena bakteri. Kalo diare karena bakteri, seringnya memang diresepkan antibiotik, tapi coba dulu beri lacto-b dan zinc trus amati, ada perubahan atau tidak. Kalau memang tidak membaik, mungkin memang perlu antibiotik.
-Sekali lagi, sebenernya diare itu bukan penyakit berbahaya, yang berbahaya adalah dehidrasinya. Jadi jaga asupan cairan ke anak. Kalo memang masih ASI-X, susui terus. Kalo udah agak gede, bisa dengan oralit.
-Tanda-tanda dehidrasi: ubun-ubun cekung, mata cowong, kalo nangis gak keluar air mata, pipis kurang dari 6x dalam sehari, gak pipis selama 6 jam, kulit perut dekat pusar kalo dicubit lama baliknya. Kemaren saya disaranin sama temen yang dokter buat cek cubit-kulit-perut tiap setengah atau satu jam.
-Kalo anak terlihat lemas, SEGERA bawa ke UGD. Dicritain temen, ada anak sodaranya yang diare trus lemes (usia 8 bulan), telat dibawa ke RS, meninggal T-T
-Kalo anak masih aktif dan ceria, insyaAllah gak pa pa, tapi tetep ya..asupan cairannya ditambah.
-Kalo abis bersihin pup anak, cuci tangan pake sabun. WAJIB!!!
-Kalo pas diare, baju yang kena pup bisa dikasi bayklin dikit buat bunuh bakteri/virusnya.
-Satu tips tradisional ala mbahtinya Nara, ibunya yang minum teh pait. Jadi pas mbak Nara diare kemaren, saya rutin minum teh pait, sehari 1 gelas aja. Berhasil pas tekstur mbak Nara melembek 2 minggu yang lalu tapi kurang berhasil pas diare beneran kemaren,heheh
-Tips dari yang momong mbak Nara, ibunya ngunyah daun jambu dan disesep airnya yang mana daun jambu itu ternyata rasanya sungguh paiiiit.. jadinya saya rebus aja daun jambunya trus minumnya ditambahin madu. Jadi, mbak Nara sembuh karena minum obat atau gara-gara saya minum rebusan daun jambu, saya gak paham deh,hehe..

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^