Berat Badan Kurang dan Jarang Pup, Kasih Sufor?

Hari Selasa kemaren, mbak Nara (2m3w) ke dokter buat imunisasi. Emang saya dan suami mutusin buat imunisasi mbak Nara, tapi imunisasi yang wajib aja. Nah, sekalian ditimbang, BBnya sekitar 4,6 dan PBnya 56cm. Kok cuma 4,6 kg ya..padahal kayaknya berat kalo digendong,hehe.. Trus abis nimbang, masuklah kita ke ruang dsa nya, ditanyain tentang frekuensi pup. Saya jawab sekitar 2-3hari sekali, dan emang setelah 2 bulan, mbak Nara jadi jarang pup. Cari-cari info kayak di sini sih emang normal kalo berhari-hari gak pup, asal perut gak keras, anak gak rewel, dan tentu saja tekstur pupinya gak keras. Jadinya saya nyante-nyante aja. Tapi si dsa kekeuh nyuruh saya makan pepaya tiap hari biar mbak Nara bisa pupi dan ternyata setelah saya lakukan (makan pepaya mulu sampe bosen), mbak Nara tak juga kunjung pup. Sampe hari ke-10 ini, mbak Nara baru pupi sekali dan itupun cuma dikiiit banget alias cuma cirit. Sebenernya agak khawatir juga, tapi berbekal info dari AIMI ntu saya gak mau mengintervensi mbak Nara buat pupi (ngasi obat pencahar). Kata dsa nya mungkin jarang pupi karena mimiknya kurang, terlihat dari BBnya yang cuma 4,6 kg.

Hmmm...tentang berat badan kurang ini pun saya agak-agak khawatir. Idealnya sih lebih dari 5 kg, tapi mbak Nara emang aktif banget, gak bisa diem, kaki sama tangannya kroncalan mulu.Mimiknya pun gak terlalu banyak. Sempet cari-cari info tentang Slow Growth di sini. Ternyata emang rata-rata yang BBnya kurang itu anaknya aktif sangat, jadi emang energinya kepake semua. Katanya sih sebulan naiknya 0,5 kg itu udah cukup. Kalo mbak Nara, lahirnya 2,85 kg, di umurnya yang 3 bulan ini minimal mesti tambah 1,5 kg, jadi 4,35 kg. Itu batas minimalnya BB mbak Nara sekarang. Ato bisa juga pake patokan
BB 6 bulan=2xBB lahir


Kepikiran buat pake sufor buat booster BB? Nope. Tidak sama sekali. Walo mungkin pertambahan BBnya sedikit, saya tetep akan kasih ASI saja, insyaAllah ^^

Buat liat BB dan PB rata-rata, cek di sini

1 komentar:

  gdsantoso@gmail.com

11 Oktober 2012 11.01

wuaaah, persis kayak emaknya berarti ya..haha

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^