Manajemen (??) ASIP> Keluar Satu, Masuk Satu


Kenapa pake tanda tanya? Karena manajemen saya belum teratur. Intinya sih mau crita-crita aja tentang ASIP dan pumping-pumping an.

Waktu masih cuti, kegiatan pumping bisa saya lakukan semau saya, soalnya banyak yang bisa gantiin momong mbak Nara. Dan selama sebulan saya bisa nyetok ASIP sekitar 4 liter-an. Lumayan banyak sih. Selain itu karena mbak Nara mimiknya belum banyak, sedangkan ASI saya alhamdulillah berlimpah. Karena selama cuti saya di Madiun, stok ASIP buat mbak Nara dibawa ke Jogja pake sterofoam yang diisi es batu+garam. Thanks God, suami paham tentang packing makanan beku. Jadilah ASIP itu selamat sentosa nyampe di Jogja, masih beku ku ku ku. Malah yang tadinya agak mencair jadi makin beku. ASIP yang saya taruh di botol-botol kaca itu saya masukin kresek trus saya selotip rapet biar kertas labelnya gak kena air dari es batu yang mencair.

Setelah dari Madiun, melanconglah kami (saya, suami, dan mbak Nara) ke Cilacap. Di usianya yang sebulan, mbak Nara dah jalan-jalan kemana-mana. Dan ternyata pas banget sama puncak arus balik -__-". Yang biasanya Jogja-Cilacap cuma 5 jam, ini sampe 11 jam. Mbak Nara rewel? jelas dong. Emang mbak Nara manusia super. Wong saya yang udah gede aja capek banget, apalagi mbak Nara yang baru umur sebulan. Nah, selama di Cilacap inilah saya jaraaangg banget pumping. Pumping cuma buat ngenalin dot ke mbak Nara ato pas mau pergi, sama sekali gak nyetok ASIP. Merasa PeDe dengan stok ASIP di Jogja critanya.

Dan sudah seminggu ini saya masuk kerja, meninggalkan mbak Nara di rumah (Nara kuuuu... >.<). Selama seminggu ini bisa dibilang saya kejar tayang nyetok ASIP. Lah, kan ada 4 liter di freezer? Soalnya sebisa mungkin saya ngasih ASI fresh buat mbak Nara, karena bagaimanapun ASIP yang udah beku nutrisinya dah berkurang. Ternyata saya ngos-ngosan. Mana sekali pumping di kantor dapetnya sekitar 60-80ml. Hikss.. Jadilah satu persatu stok ASIP dari freezer saya turunin. Di usianya yang 2 bulan ini, kebutuhan ASIP mbak Nara selama saya tinggal tiap harinya sekitar 200 ml. Jadi, separo kebutuhannya saya ambilkan dari ASIP beku, separonya dari hasil perah kemarin ato hari ini. Kan pas tu, ASIP bekunya emang disimpen dalam wadah berisi 100 ml. Lama-lama bisa abis nih stoknya, pikir saya, padahal Mbak Nara baru 2 bulan. Masih panjang perjalanan sampe nanti usia 24 bulan. Jadilah mulai kemarin saya keluarin satu botol ASIP dari freezer, tapi saya mesti masukin satu botol juga. Sekarang sih saya gak pumping di kantor (jadwal pumping yang mestinya 3 jam sekali, katanya, gak saya ikutin, hehe..), tapi cuma di rumah aja. Biasanya subuh, siang pas pulang kantor dan malem pas mbak Nara bobo. Entah sugesti, entah apa, kalo saya pumping di rumah hasilnya lebih banyak. Mungkin karena saya bisa rileks kali ya, jadi hasil pumpingnya lebih banyak.

Semoga mbak Nara bisa ASI terus sampe umur 2 tauun >.<, amiiinnn...

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^