Brownies Pisang Coklat


Entah kesambet apa, tiba-tiba saya pengen bikin kue. Kesambet Natasha, Queen of Bakingnya Masterchef US season 4 kali yeee, wakaka.. Padahal yang dibikin cuma brownies. Kue anti gagal. Jadi, kalopun yang bikin itu mbak Nara misalnya, pasti berhasil juga, namanya juga kue anti gagal *bayangin Nara nggotong2 kukusan yang lebih besar dari dia #dilempar sutil.

Hmm..jadi sebenernya karna saya abis dapet kiriman pisang tanduk dari mertua, jadilah saya bingung mau diapain tu pisang, padahal cuma 3 biji doang, :P. Jumat siang pulang ke rumah dengan tekad pengen bikin brownies pisang coklat. Eh, pas pisangnya diiris dikit ternyata masih mentah, sepet, bweeeekkkk. Tak pantang menyerah, keinget punya simpenan pisang raja beku di freezer, langsung deh dieksekusi.

Resepnya nyontek dari website favorit saya, JustTry&Taste. Niatnya sih bikin setengah resep, tapi tetep aja improvisasi sana sini #kepedean. Ini resep dari JTT:



Bahan: 

- 150 gram dark cooking chocolate/coklat hitam masak (resep asli 85 gram) >> pake cuma 40 gram an apa ya.
- 125 gram gula pasir (tambahkan jika kurang manis)  >> gak digram-in, langsung tuang semua yang ada di wadah gula, :P

- 3 sendok makan mentega/margarine suhu ruang (resep asli 2 sendok makan) >> pake 2 sendok b*ueband.
- 2 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanili bubuk (jika menggunakan vanili bubuk, ayak bersama tepung terigu) >> pake vanili bubuk seiprit, gak ditakar.

- 300 gram pisang ambon/cavendish/raja (kira-kira 2 1/2 - 3 buah), haluskan dengan garpu >> pake 3 pisang raja ukuran kecil.

- 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas >> pake 1 telur ayam kampung.
- 100 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru) >> pake terigu entah apa merknya, 75 gram.
- 1/2 sendok teh baking powder, pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya. Saya sarankan gunakan yang double acting.  >> 1/4 sdt baking powder yang kayaknya udah agak lama.

- 20 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik >> pake 15 gram-an.
- 1/2 sendok teh garam

Cara bikinnya intip web JTT aja yak.

Tuh kan, saya bikin takarannya ngawur banget, hehehe.. Pas dirasain agak-agak aneh, kayaknya karna kebanyakan terigu. Abisnya kok kayaknya di resep tuh trigunya dikit banget, makanya saya punya inisiatif nambahin #ditoyor. Setelah baca-baca resep brownies yang lain, baru nyadar kalo takaran terigu buat brownies emang cuma seemprit, wkwkwk..

Pas dibawa ke kantor, kata temen sih lumayan enak. Padahal menurut saya rasanya aneh, dibandingin sama brownies A*anda? Jauuuuhhh...banget. Kayak jarak dari Jogja ke Papua, :P

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^