REVIEW MPASI 8 BULAN

Sekarang review MPASI pas mbak Nara 8 bulan. DAh mule variatif dong, gak cuma kukus-kukusan, tapi mule tumis-tumisan juga, kadang pake unsalted butter, kadang pake ELOO (Extra Light Olive Oil). Ternyata mbak Nara gak terlalu suka butter, padahal wangi loh masakannya. Dari beli sampe sekarang masih ada aja tu butter, karna emang jarang dipake. Saya pake yang merk Orchid, soalnya ada label halalnya.
Sebenernya pas umur segini kan teorinya gampang banget ya, tinggal bikin nasi tim aneka sayur dan lauk, tambah daun salam, bawang putih atau daun bawang gitu. Tapiii..mbak Nara gak doyan. Dia lebih suka bubur putih plus lauk kukus atau tumis daripada nasi tim yang langsung dicampur jadi satu gitu. Pinter kamu Nak, biar Ummi lebih banyak bakar kalori trus Ummi bisa cepet langsing gitu ya, :D

Beberapa resep MPASI 8 bulan mbak Nara yang saya ambil dari berbagai blog dan saya modif dikit:
1. Daging/ayam saus bolognise
Ini lauk favorit mbak Nara ^^
Bahan:
- 1 bawang putih geprek
- sedikit bawang bombay cincang
- 1 buah tomat yang direndem air panas, buang biji dan kulitnya trus diblender
- ayam/daging cincang
- wortel serut
- sedikit ELOO untuk menumis
- sedikit oregano buat aroma ala Itali
- air
Caranya:
- tumis bawang putih dan bawang bombai
- masukin daging/ayam cincang
- setelah daging/ayam matang, masukkan waotel, menyusul kemudian si tomat
- tambahkan air, beri sedikit oregano. Ditambah merica dikit juga boleh, buat aroma. Tunggu sampe saus mengental dan tomat gak terlalu asem.
- siap disajikan bareng bubur nasi putih atau kentang kukus

2. Oatmeal Buah
Bahan:
- oatmeal quick cook
- puree buah pisang/pear kukus/apel kukus
- air panas
Caranya:
gampil banget lah ya, tinggal seduh oatmeal pake air panas sampe kekentalan yang dipengenin. Trus ditambah puree buah.

3. Tim Ikan Lele/ Gurame
Ini sebenernya makanan favorit mbak Nara, sayangnya abis makan ikan dia jadi mruntus, jadi sampe sekarang (10m3w) pun belum saya coba lagi.
Bahan:
- ikan lele atau gurame, bersihkan, potong-potong. Lumuri dengan jeruk nipis , abis itu bilas bersih
- ELOO secukupnya, sekitar 2-3 sendok makan
- 1 batang daun bawang potong besar-besar
- 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
- 2 bawang putih keprek
- 1 ruas jari jahe, iris-iris
Caranya:
- Panaskan dandang
- Taruh ikan dan semua bahan di wadah stainless steel atau kaca yang tahan panas
- Kalo mau daging ikan gak terlalu berair, bisa ditutup alumunium foil. Kalo saya sih ga ditutup biar daging ikannya lembut.
- Kukus sekitar 20 menit atau sampai ikan matang
Wuiih..baunya haruuumm banget, mbak Nara disuapin mangap mulu,hehe..

 4. Sup Krim Kentang Labu
Ini juga mbak Nara sukaaa banget
Bahan:
- 1/2 kentang kukus, haluskan
- 1 buah wortel kukus, haluskan
- 50 gram daging sapi cincang
- sedikit labu kukus, haluskan
- 1 siung bawang putih keprek
- sedikit ELOO buat menumis
- keju parut
- air
Caranya:
- tumis bawang putih sampe harum
- masukkan daging cincang, masak sampe berubah warna
- masukkan semua sayur
- tambahkan air, masak sampai mendidih dan kekentalan sup sesuai dengan yang diinginkan
- tambahkan keju parut
- penyajiannya bisa ditambah bubur nasi, bisa juga langsung dimaem, toh kan udah ada karbohidratnya dari kentang

5. Another Sup Krim Kentang 
Kesukaannya mbak Nara juga
Bahan:
- 1 kentang kukus, haluskan
- 1 wortel kukus, haluskan
- brokoli kukus secukupnya, cincang halus
- 1 bawang putih keprek/parut
- 1 kuning telur ayam kampung
- ELOO buat menumis
- air
Caranya:
- tumis bawang sampe harum
- masukkan semua sayur
- tambahkan sedikit air
- terakhir, masukkan kuning telur sambil diaduk-aduk
- siap disajikan

6. Nasi Tim Kuning Telur
Lupa dapet darimana resep ini, tapi mbak Nara gak suka
Bahan:
- beras putih, bisa dimix pake beras merah
- 1 kuning telur ayam kampung
- air
- keju parut
Caranya:
- bikin bubur nasi di slowcooker
- setelah bubur jadi, masukin keju parut dan kuning telur, aduk sampai keju meleleh dan telur mateng
- bisa disajikan dengan sayuran kukus

7. Labu Parang Keju
mbak Nara juga gak suka, padahal enak loh..
Bahan dan cara membuat:
- Labu parang/kabocha kukus, haluskan
- Taburi dengan keju parut
- Sajikan

8. Tumis Tahu Brokoli/Wortel
Bahan:
- Tahu putih, haluskan dengan garpu
- Wortel serut atau brokoli kukus yang dicincang halus
- 1 bawang putih keprek
- sedikit ELOO
- air/kaldu ayam
Caranya:
- tumis bawang putih
- masukkan tahu dan sayur
- tambahkan air dan masak sampai matang

9. Scambled Egg
Bahan:
- 2 kuning telur ayam kampung
- 1 sdm unsalted butter ato ELOO
- 100 ml air
- keju parut, optional
Caranya:
-  panaskan butter/ ELOO
- masukkan telur, orak arik
- tambahkan air, masak sampai matang
- tambahkan keju parut

10. Kabocha Ayam
Resep asli pake ayam cincang, karna lagi ga ada stock, cuma pake kaldunya aja,hehe..daan..mbak Nara emoh, :D
Bahan:
- ayam cincang
- kaldu ayam
- kabocha (bisa diganti labu parang) potong kotak
- daun bawang dan seledri secukupnya, diikat aja
- air
Caranya:
- masukin semua bahan di slow cooker selama 5 jam, haluskan

11. Makaroni Saus Keju
Makanan yang wangii banget, tapi mbak Nara gak doyan. Jangan-jangan dia kayak Abinya, gak doyan yang berbau-bau keju dan western2an gitu, kebalikannya saya yang doyan banget keju dan olahannya.
Bahan:
- makaroni, rebus sampe lunak banget, cincang
Saus:
- bawang bombay cincang secukupnya
- 1 sdm unsalted butter
- keju parut
- oregano dikit
- wortel kukus, haluskan
- air
Cara memasak saus:
- tumis bawang bombay pake butter sampe wangi
- masukin air, trus wortel
- tambahkan oregano dan keju parut, masak sampe matang
- sajikan makaroni cincang plus sausnya

12. Tumis Gurame Sayur
Bahan:
- Ikan gurame, kukus bareng jahe dan daun salam sampe mateng, ambil dagingnya
- Wortel kukus, haluskan
- Labu siam kukus, haluskan
- Kentang kukus, haluskan
- 1 bawang putih cincang
- sedikit ELOO buat numis
-  keju parut, optional
- air
Caranya:
- tumis bawang putih sampai harum
- masukin gurame plus semua sayuran
- tambahkan air sedikit
- masak sampe kekentalan yang diinginkan, tambahkan keju parut

13. Cheese Corn Bread
Emaknya belum nyerah juga ngenalin keju ke mbak Nara, harapannya biar mbak Nara doyan keju kayak saya trus ntar bisa jadi temen makan pizza,ehehe.. tapi, lagi-lagi mbak Nara gak doyan >.<
Bahan:
- 1 lembar roti tawar tanpa kulit, potong dadu
- 1 jagung manis parut/blender (gak usah pake bonggolnya)
- keju parut
- unsalted butter
- 1 kuning telur ayam kampung
Cara bikin:
- campur semua bahan, aduk rata, taruh di mangkok alumunium foil
- kukus sampe matang

14. Sup Sayur Campur-campur
Ceritanya memanfaatkan sayuran kukus di kulkas, dibikin sup campur-campur deh, jangan tanya rasanya, karna aneehh..tapi mbak Nara malah doyan tuh,haha
Bahan:
- 1 bawang putih cincang
- ayam cincang
- sedikit ELOO buat numis
- sayuran kukus, haluskan (saya pake ubi, labu, wortel. Bisa diganti pake sayuran lain)
- air
Caranya:
- seperti biasa, tumis bawang putih
- masukkan ayam cincang, masak sampe ayam matang
- masukin sayuran
- tambahkan air, masak sampe matang.

Cemilan
1. Cheese Bread
Ini enak banget, saya doyan juga. Sayangnya mbak Nara gak doyan. Dia gak doyan cemilan roti, kukis atau biskuit. Kalo dikasi, diicip dikit trus dibuang,huhuhu
Bahan:
- roti gandum atau roti tawar biasa
- unsalted butter
- keju parut
Caranya:
- oles roti dengan butter, taburi keju
- potong sesuai genggaman anak
- panggang (saya pake happycall, bisa juga kok)
- buat variasi bisa ditaburi sedikit oregano


2. Agar-agar Buah
Bahan:
- 1/4 bungkus agar-agar
- puree buah2an pisang/buah naga/labu parang/blewah,dll
- 1 gelas air
Caranya:
- larutkan agar-agar dengan air
- masak sampai mendidih
- masukkan puree buah
- siap dicetak
Untuk buah pisang, mbak Nara gak suka. Lainnya sih doyan-doyan aja dia.

Sayur dan buah yang baru dikenalin pas 8 bulan ini:
- kangkung
- bayam
- anggur
- kiwi

Fiuuhh..panjang juga ya postingan saya, sampe pegel ngetiknya, hwehehe.. Semoga bermanfaat ^^

12 komentar:

  bunda3R

4 Juni 2013 14.40

waaaa...nila pinter masak..

  nila putri

4 Juni 2013 14.48

sama sekali gak benar itu mbak, :P
pertama, ini resep hasil gugling, kedua..ini kan masakannya tumis2an doang -__-"

  ummu AZMI

29 Juli 2013 16.22

wah kayanya nyami2, nyontek ya mb :)

  nila putri

30 Juli 2013 14.50

silakan umm :D

  ummu AZMI

31 Juli 2013 16.21

btw mb nila pinter masak yah, saya jadi rajin ngelongok blognya, ada bento2 juga, pingin bgt bisa masak, dilengkapi dunks cara bikin bentonya :P

mb nila di jogya yah? dimana? sy dl kuliah juga sempet di yk :D

  nila putri

1 Agustus 2013 11.32

hehe..saya mah seneng masak mbak, bukan pinter masak, :p
kalo ngebento, skrg belum sempet bikin-bikin lagi,

iya, saya di jogja, di bantul, deket ringroad selatan. alumni ugm kah?

  rumah buku

4 September 2013 14.45

bund, saya ijin nyontek resepnya yaaa...
Alipo mau 8 m nih, jadi rajin googling resep2
tadi ada ikan nila, boleh ga ya, dimaem bayi Alipo?

eh, saya di daerah Gedong Kiwo lho... deket ga? Alumni UGM juga hihi... *sapa yg nanyak?* :DD

  nila putri

6 September 2013 14.54

@rumah buku: silakan jeng ^^
Ikan apa aja boleh, asal dedek Alipo ga menunjukkan tanda-tanda intoleran.

Gedong Kiwo mana ya?hehe..maklum, navigasi payah.
Yang alumni UGM misua saya mbak, angkatan 2002,hehe..

  Anonim

28 Oktober 2013 16.52

nyontek yaa um.. kebetulan anak saya usianya 8 bulan nih... ^^

  nila putri

29 Oktober 2013 08.58

Silakeun..

  Yani Sofyaman

16 Februari 2014 11.23

Mba memang roti tawar boleh ya?

  nila putri

17 Februari 2014 11.27

sebenernya roti tawar ada gulanya sedikit sih, tapi kalo saya mah hajarr aja, ehehe *emak bandel

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^