Ramadhaankuuuuu

Ehm..ehm..udah lama gak posting tulisan, sekalinya posting karna ada maunya *lirik-lirik sambil cengengesan ke owner toko ini*

Bentar lagi Ramadhan!!! Yeiiiyyy!!!

Ramadhan taun ini sangat sangat sangat dinanti. Kenapah? Karna taun kemaren saya gak dapet puasa sehari pun, huwaaaaa *nangis guling-guling*. Taun kmaren passs banget pas Ramadhan pas abis lairan si krucilku yang imut. Masih masa nifas gitu deh. Dan setelah tanya ke guru spiritual *bukan-eyang-subur*, kalo gak puasa karna nifas itu harus diganti pake puasa juga alias diqadha, gak boleh pake fidyah. Oke, baiklah, hutang puasa saya 30 hari *menghibur diri*. Selain gak dapet puasanya, ibadah pengganti yang lainpun rada-rada gak pokus, namapun ibu baru yang mau nyusuin anak aja smpe keringetan kayak banjir. Pagi sampe siang ngurusin mbak Nara. Siang setelah Mbahtinya pulang, saya tidur, persiapan begadang buat malemnya. So, buat Ramadhan kali ini, biarpun masih menyusui, mau dicobain puasa.

Nah, persiapan menyambut Ramadhan apa dong?
Yang pertama, harus hepiii. Gak boleh ngeluh betapa harga-harga naik, gak boleh sedih karna gak bisa molor abis isya. Walopun mbak Nara baru 11 bulan, tapi tetep mesti saya kasi liat kalo Ramadhan=senenggg. Biar kebawa sampe gede nanti. Trus dia jadi gembira juga puasanya, gak lemes, tetep bisa bantuin saya nyiapin buka sama sahur, tetep bisa mijitin kalo saya pegel-pegel *rencana eksploitasi pada anak*

Yang kedua, beberes rumah. Ampuunn..itu rumah kumuh-tak-rapi-tak-tertata. Sepatu sandal yang udah pada jebol masih nangkring dengan manisnya di halaman depan, pot-pot kosong yang tanemannya udah pada almarhum berserakan di deket kolam, kebun mini udah kayak hutan belantara yang dikuasai sama pohon kemangi. Belum lagi dalem rumah, hufff... Lah, malah buka aib betapa berantakannya rumah, heheh.. Hmm..kayaknya saya perlu cuti *modus*

Yang ketiga, saran dari guru spiritual yang lain *bukan-ki-joko-bodo*, ngajakin anak menghias kamarnya masing-masing. Berhubung mbak Nara masih dalam fase berantakin barang-barang, yang jelas aja belum bisa disuruh bikin bunga-bunga atau gambar gunung, apalagi ngecat kamarnya pake cat warna-warni, jadi ini diskip dulu. Nanti pas umur 2 taun udah bisa dimulai. Walopun baru bisa gambar lingkaran mletat mletot (yang sama anak biasanya diakui kalo itu aslinya gambar gunung), tetep mesti kita hargai trus ditempel buat hiasan kamar.

Oia, sama belanja. Dari yang pernah saya baca *lupa dimana*, tanggal-tanggal diskon itu adalah tanggal 15-22 sebelum puasa. Belanja di awal biar nanti bisa pokus buat ibadah, ga rebet cari-cari baju lebaran atau parsel ato yang lainnya. Okedeh, kalo yang ini mah saya siap banget *siap-siap ngajuin proposal belanja ke Abi*. Selain belanja-belanja baju, mungkin belanja-belanja yang lain juga bisa dicicil, misal: sirup, kurma, frozen food yang tahan lama, dkk. Asal jangan belanja sayur bayem sekarang ya, bisa-bisa dah jadi pupuk kompos ntar Ramadhan.

Nah, gak banyak yang disiapin kan. Kalo persiapan fisik sama hati mah ga usah dibahas. Itu harus.

Kalo target-target pas Ramadhan, buanyaaakkk... Silaturahim ke tetangga, hafalan beberapa surah selain jus 30 *ketahuan jumlah hafalannya #tutupmuka*, silaturahim ke orangtua *baca: pulkam*, sholat sunah (tahajud sama dhuha) mesti beres, ngajinya mesti khatam. Aaaa..banyakkk banget nget. Makanya saya ngidam banget tu buku Diary Ramadhan. Berhubung saya orangnya pikunan dan malesan, jadinya mesti tercatat segala sesuatunya. Biar terlecut semangatnya *cetaaarrrr*. Selain itu, buku hadiah Giveaway ini buat nambah-nambah koleksi buat buka TBM alias Taman Bacaan Masyarakat (cita-cita dari SMA yang semoga taun depan bisa terwujud, amiiinn).

Banyak ya pengennya. Tapi yang jelas, saya pengen banget Ramadhan saya, dan keluarga, dan sodara-sodara seiman yang lain, bisa berkah, dapet Lailatul Qodar. Amiinnnn

***

"Tulisan ini disertakan pada Family Online Shop Giveaway"



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^