Yuk Berbenah ala KonMari (part 1)

Berawal dari temen yang post pic sampul buku ini di grup WA trus saya jadi penasaran apa isi bukunya, secara saya ini rasa-rasanya beberes addict. Indikasinya: betah berjam-jam bahkan seharian duduk cuma buat milihin dan organizing barang kicik-kicik. Dan saya melakukannya dengan gembira, gak bosen gitu.
Nah, pas baca buku ini saya ngerasa, "bener banget ni yang dibilang buku ini". Apa itu? yaituuu...sesering apapun saya beberes, kenapa berantakan muluuuu??? kayak gak habis-habis beberesnya. Ya walaupun emang salah satunya karna ada tiga bijik krucil di rumah, hahaha... tapi kan kalo bisa gak sering-sering beberes, worth it banget buat dicoba.

Saya gak akan bahas apa isi bukunya karna saya yakin udah banyaaak banget yang ngereview, dan tentu saja lebih nikmat baca sendiri. Di sini saya cuma mau share pengalaman beberes saya ala ala KonMari ini. Beberapa prinsip belum bisa saya pakai karena beberapa keterbatasan. Marie bilang beberes total ini cukup dilakukan sekali seumur hidup dengan waktu paling cepat enam bulan. Whaattt?? kaget juga pas bacanya. Mungkin bisa kali ya sebulan gitu, asaaal kita seharian beberes, haha.. Inti dari beberes ini adalah: membuang dan menyimpan.

Saya mulai proyek ini pas 1 Muharram 1439H kmaren, biar berasa ada resolusi gituh, dan biar gampang nginget2nya.

Pertama mulai dari baju-baju. Saya gak ngikutin persis aturan yang harus ngumpulin jadi satu semua baju di satu tempat, tapi saya ngambil sebagian-sebagian. Kenapa? biar gak berantakan banget rumahnya, soalnya ada anak-anak yang excited banget kalo saya beberes gitu. Jadi saya ambil sebagian, sortir, kemudian simpan. Harusnya penyimpanan dilakuin kalo udah selesei sortir semua barang di satu kategori (baju, buku, dll). Jeleknya, ada sebagian tempat penyimpanan yang lolos dari sortiran dan baru keinget pas akhir-akhir. Trus harus bongkar pasang cara penyimpanan karna ternyata bajunya ada banyak, hehe.. 

Cuma baju-baju saya yang dilipet ala KonMari, baju suami dan anak-anak tetap dilipat dan ditumpuk seperti biasa karena keterbatasan tempat. Tapi saya ikutin saran untuk ngumpulin jadi satu tempat semua barang dalam kategori ini. Baru hari kedua saya udah berhasil ngumpulin skitar 10 kantong kresek besar dan 1 kantong sampah gueeede. Baru dua hari sodara-sodara! Dan ini juga belum selesai beresin semua pakaian.

Untuk prinsip penyortiran baju, saya nyoba terapkan: pilih baju yang disukai dan membuat bahagia ketika saya memakainya, kecuali beberapa baju yang kayaknya laku kalo dijual, hihi.. Dan dua baju nikahan yang mau saya kasihkan langsung ke orang yang emang bener perlu. Kayaknya dalam beberapa hari ke depan saya masih akan nyortir kategori baju ini karena emang dalam sehari saya cuma ada waktu 2-4 jam buat mengerjakan proyek ini.

(bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^