Yuk Berbenah ala KonMari (part 2)

Ini hari ke-lima proyek berbenah saya. Untuk lemari pakaian sudah selesai sekitar 90%. Kenapa belum 100%? karena ternyata lemari saya yang model raknya tinggi-tinggi tidak cocok untuk lipatan baju ala Konmari, jadi saya perlu rak tambahan. Rak tambahan sebenernya bisa bikin sendiri dari partikel board, tapi kayaknya saya gak akan sanggup bikin sendiri, jadi saya lebih milih beli aja model sekat dari besi kayak gini. Daripada beli lemari lagi yee kaan, hehe..


Oia, setelah saya tawarin ke suami, beliau juga minta bajunya dilipat ala Konmari, lebih gampang ngambilnya kata pak suami. Trus ternyata memilih barang-barang yang akan disimpan tidak sesulit yang saya bayangkan. Lebih dari setengah koleksi baju, saya singkirkan dari lemari. Jadi yang saya simpan memang baju-baju yang saya suka dan sering dipakai aja. Saking semangatnya menyingkirkan baju-baju tak terpakai, sampai-sampai batik2 yang rencananya mau saya jahitkan juga ikut kebuang, haha..untung belum dikasihkan ke orang sama bude pengasuh (semua barang saya kasihkan ke bude pengasuh untuk disortir lagi sama beliau, mana yang mau dipakai beliau, mana yang dibuang).

Kemarin saya lanjut ke kategori buku. Maakkkk...saya gak bisa buang nih buku-buku. Karena ini bertentangan dengan prinsip saya: buku adalah investasi. Dan lagi cita-cita saya emang pengen buka rumah baca yang mana kan emang perlu banyak buku. Jadi saya bisa dibilang gagal dalam kategori ini, hehe.. cuma beberapa buku yang saya buang diantaranya: soal2 masuk STAN sama tips ujian masuk CPNS, wkwkwk... Jadi kemaren saya cuma tata ulang buku saya per subkategori: 
1. buku favorit saya (komik Miiko sama buku-bukunya Enid Blyton dan Roald Dahl)  yang semuanya adalah buku anak-anak, ahaha
2. buku Rujukan/Referensi agama (fiqh sunnah, qur'an terjemahan, dll)
3. buku agama umum
4. buku parenting
5. buku umum
6. buku-buku fiksi
7. majalah
8. buku punya anak-anak (saya taruh di meja tersendiri)
Semua koran udah saya buang. Dan memang tidak banyak perubahan dari perpus mini saya. Tapi sekarang lebih gampang nyarinya karna udah ditata per jenis buku. 

Rencana untuk beres-beres per kategori agak menyimpang karena ternyata saya lebih mudah beres-beres per lokasi, biar itu tadi, gak terlalu berantakan rumahnya, hehe.. Lanjut ke lemari yang isinya penuh kardus-kardus dari barang yang dibeli: kardus laptop, HP, bahkan kardus happycall, wkwkkw... sebagian besar saya buang kecuali untuk kardus HP yang HPnya masih dipakai. Kata pak suami kalo jual tanpa kardus harganya bisa jatuh. Trus habis itu ke mainan anak-anak. Kayaknya separo lebih mainan anak-anak saya buang deh. Mainan-mainan yang udah lamaaa banget gak dipakai main atau mainan yang sama jenisnya, misal: set masak-masakan punya Rara yang jumlahnya bejibun. 

(bersambung)


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^