Cinta Buku (part 1)

Hobi yang mulai saya tekuni dari SD adalah baca buku. Waktu itu, saya jatuh cinta setengah mati sama buku. Dan berhubung di rumah isinya cuma buku-buku khutbah Jumat punya Bapak saya, mulailah saya merengek-rengek ke Ibu buat nyariin buku. Untung sekolah tempat Ibu mengajar ada perpustakaan kecilnya. Jadilah tiap beberapa hari sekali Ibu bawain buku-buku perpustakaan. Buku-bukunya bukan yang hasil karya orang terkenal, dan isinya tentang cerita-cerita budi pekerti anak-anak. Saya lupa *lebih tepatnya ga perhatiin* siapa penulisnya. Ibu bisa bawain saya sekian belas buku tiap beberapa hari sekali. Huah..jelas saya seneng banget. Dan selama beberapa jam berikutnya saya khusyu di kamar, baca sambil tidur #obsesi pengen pake kacamata. Belasan buku yang mestinya jadi jatah beberapa hari, habis saya baca dalam sehari.

Satu cerita yang saya inget adalah tentang anak yang nyoba beternak ayam. Tapi hewan piaraannya itu selalu dimakan sama tikus sawah. Nah, di buku itu dijelasin gimana dia bikin kandangnya, dan gimana di ngatasin tu hama tikus, caranya pake kapuk randu. Entah kenapa buku itu sangat berkesan buat saya, jadinya bolak balik saya baca. Padahal udah apal critanya, haha..

Setelah koleksi buku perpustakaan sekolah Ibu abis, saya mule merengek-rengek lagi. Kali ini minta dibeliin buku. Karna jaman itu di Madiun belum ada Gramedia, dan kayaknya juga gak mampu beli buku di sana, jadilah kami berburu buku di Puntuk. Puntuk itu pasar tempat jual barang-barang bekas. Ada buku, baju, gelas-gelas. Wuah..serasa surga bagi saya. Dan di situlah saya kenal majalah anak-anak macam Bobo, Mentari yang ada Hamindalid-nya, Donald Bebek. Saya punya berkardus-kardus, harganya waktu itu 1000 perak sebiji apa ya. Trus saya mulai kenal juga The Famous Lima Sekawannya Enid Blyton. Langsung ngefans abis. Buku-bukunya R.L. Stines juga, Fearstreet sama Goosebumps yang bikin merinding, padahal kalo sekarang dibaca, bingung dimana seremnya, heheh..

Perpustakaan lain yang juga jadi korban hobi saya adalah punya Mbahkung. Dan koleksi beliau yang saya baca model yang Surapati-nya Abdoel Moeis, Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma-nya Idrus, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, Lutung Kasarung, buku-bukunya Hamka, pokoknya buku-buku dongeng kerajaan atau jaman perjuangan Belanda. Dan saya suka, karna bukunya tebel, jadi gak cepet habis dibaca. 

Hobi saya ini masih berlanjut ke SMP, dan ndilalah saya dipertemukan dengan sahabat yang punya banyak koleksi buku. Bapaknya sahabat saya ini kerja di Perpustakaan Daerah. Wuah, berasa nemu surga kedua. Koleksi Lima Sekawannya segambreeeng. Tiap beberapa hari saya rutin maen ke rumahnya buat pinjem buku. Trus mulai kenal Trio Detektif, Sapta Siaga, Smurf, Asterix, sampe buku-buku serial STOP karya Stefan Wolf. Saya dikasih satu buku STOP dan sampe kucel saya baca bolak balik. Selain itu jadi tau buku-bukunya Alfred Hithcock (tulisane bener ga?), Bung Smas, sama Lupus dong tentunya.



Setelah SMA, dan saya udah mule dapet hidayah #uhuk, jadilah perpustakaan Rohis yang jadi korban berikutnya. Kenal majalah Annida, kenal Aisyah Putri-nya Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa, Topan Marabunta-nya Afifah Afra. Dan penulis buku favorit saya adalah O. Sholihin dengan buku Jangan Jadi Bebek. Dulu sempet punya deh kayaknya, tapi saya cari-cari pas pulkam kemaren gak nemu. Mungkin udah diloakin sama Ibu. Haha..

Berlanjut ke jaman kuliah, masih setia dooong dengan hobi baca. Berhubung perpustakaan kampus isinya buku-buku Pajak sama Akuntansi, ogahlah saya ke sana. Acara ke perpustakaan kampus dilakukan hanya 1x per semester. Rebutan buku kuliah buat dipinjem karna jumlah bukunya ga sebanding sama jumlah mahasiswanya #sekolahgratisan. Padahal nih ya, boro-boro dibaca, dilirik aja kagak. Wkwkwk... Rasanya lebih tenang aja kalo udah pinjem bukunya. Haha..

Jaman kuliah ini mulai kenal sama Salim A. Fillah dengan buku-buku pernikahannya #uhuukkk. Kali ini agak lebih bermodal, mule nyicil beli buku dengan nyisihin jatah bulanan. Dan tentu saya, Islamic Book Fair jadi ajang perburuan buku (dan jilbab, ahaha). Saya dan temen-temen kuat loh, berjam-jam, di tempat yang penuh sesak, muter-muter jalan kaki demi nyari stand yang diskonnya paling gede. Dan kamipun pulang dengan sekresek besar buku (dan jilbab, dan bros, dan lain-lain). Ah, kenangan indah..

(bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^