Aphid, Mealybug dan Leafminer

Nah, saya lagi keseeeell banget sama hama-hama di kebon saya. Hihh..saking sebelnya, daun yang kena penyakit saya potel trus saya injek-injek. Huh!! Ini tiga hama yang lagi nyerang kebun saya. Dengan ini, saya menyatakan perang terhadap hama-hama itu!

1. Aphids atau Kutu Daun

kacang panjangkuuuw >.<

Nyerang tunas dan daun muda dengan cara menghisap cairan tanaman dan bikin helaian daun menggulung alias kriting-kriting. Ada yang berwarna hitam, coklat atau hijau kekuningan. Kalo kemaren yang nyerang taneman kacang panjang saya, yang warnanya hijau dan coklat.
Menurut beberapa sumber, bisa digunakan pestisida alami diantaranya:
- SEMPROTAN BAWANG PUTIH DAN CABE
Campur 3 biji bawang putih yang sudah dikupas dengan segenggam cabe dan rebuslah dalam sepanci air. Tambahkan ¼ balok sabun, aduk rata kemudian biarkan selama sehari. Saring cairan tersebut dan gunakan 2 cangkir larutan tersebut untuk satu kali penyemprotan. Bawang putih merupakan sebuah insektisida, fungisida dan penolak hama. Cabe juga merupakan sebuah insektisida dan penolak hama. Sabun akan membantu semprotan untuk melekat pada tanaman dan serangga. Gunakan larutan ini untuk aphid, cacing, ulat bulu, dan ngengat.
- TEMBAKAU DAN TEH
Air rebusan dari campuran tembakau dan teh dapat mengendalikan aphid pada tanaman sayuran dan kacang-kacangan. Air hasil rebusan di campurkan kembali dengan air sehingga lebih encer.

2. Mealybugs atau Kutu Putih

Yang kena korban, cabe saya...

Serangga ini ngeluarin sejenis zat putih yang berlilin dan berkapas putih yang menutupi keseluruhan badannya yang lembut dan berwarna merah muda,bikin si mealybugs ini kelihatan seperti debu putih. Dapat ditemukan di antara daun dan batang (buku-buku batang) dan di permukaan daun muda. Mereka menghisap sari dari tanaman, dan bikin tanaman jadi layu.
Pestisida alaminya:
- BAWANG PUTIH
Dapat digunakan siung bawang putih yang ditumbuk dan diperas airnya serta dicampurkan dengan air sesuai dosis yang diperlukan. Jika kutu melekat erat pada tanaman, dapat digunakan campuran sedikit minyak kelapa. Semprotkan campuran tersebut pada tanaman yang terserang hama.

3. Leaf Miner atau Penggerek Daun
Kalo yang ini nyerang hampir semua tanaman saya. Mulai dari melon, basil, bayam, tomat, timun sampe kemangi. T-T
Katanya, agak susah membasmi leaf miner, soalnya leaf minernya ada dalam jaringan daun.Yang pasti, daun yang kena harus segera dievakuasi, dipotong dan kalo perlu dibakar (sadis mode:on)
Cara mengatasinya: 
- SEMPROTAN NIMBA
Tanaman ini dapat dipakai untuk semprotan insektisida alami yang aman dan efektif. Nimba dapat dipakai pada hampir semua serangga, termasuk nyamuk. Terkadang memerlukan waktu beberapa minggu untuk menunggu efeknya karena untuk beberapa jenis serangga, nimba bekerja dengan memutus daur perkembangbiakan serangga tersebut. Nimba merupakan salah satu tanaman terbaik untuk digunakan karena aman bagi manusia dan tidak menimbulkan banyak masalah bagi serangga yang menguntungkan, khususnya predator hama. Dalam kondisi tertentu bahkan bisa meningkatkan produksi ulat yang berguna! Keong/siput, nematode, lebah penyengat, ulat, ngengat, penggerek daun, lalat, nyamuk, dan belalang adalah beberapa jenis serangga yang dapat dikendalikan dengan nimba.

Cara menggunakan nimba:
1. Tumbuklah biji nimba dan masukkan ke dalam kantong kain. Masukkan kantong kain ini dalam ember atau drum berisi air selama semalam. Gunakan 500 gr biji nimba untuk tiap 10 liter air. Gunakan sebagai semprotan pada serangga hama dan tanaman yang terserang. Biji nimba ini lebih efektif daripada daunnya.
2. Ambillah segenggam besar daun nimba segar, lumatkan, dan masukkan ke dalam seember air. Biarkan selama 2 hari, kemudian buanglah daunnya dan gunakan sebagai semprotan.
3. Keringkan segenggam penuh daun nimba, tumbuk, dan masukkan ke dalam air. Biarkan selama 2 hari, saring dan gunakan sebagai semprotan.
4. Semprotan nimba ini juga dapat dibuat dengan merendam biji nimba yang telah dihancurkan dalam alkohol, atau membuat minyak dari biji nimba dengan menggunakan suatu alat pengepres minyak. Metode ini lebih mahal namun dapat menghasilkan produk yang lebih kuat.

Agak rebet sih buatnya, makanya sekarang lagi nyoba nyari yang udah jadi di toko pertanian,hehe..

3 komentar:

  Anonim

27 Desember 2012 12.36

leafminer bisa di semprot dengan listerine mbak, dulu pakchoy saya juga kena... potes daun yang kena, lalu semprot listerine campur sunlight untuk pencegahan berikutnya :D

  nila putri

27 Desember 2012 15.00

owalah, malah bisa pake listerine yak. obat kumur itu kan ya?
ini semprotannya bisa tahan berapa hari ya? ato berapa hari sekali frekuensi nyemprotnya?
tengkyu infonya yaaa^^

  Anonim

4 September 2015 15.09

sy pake itu,tanaman sy kok jd mati ya? hiks,,hikss

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^