Manajemen Waktu

Saya termasuk orang yang sering merasa terburu-buru dan kayaknya waktu tu kuraaangg aja. Kurang karna belum sempet beberes, eh..udah harus berangkat ngantor, belum sempet tilawah..eh..anak-anak ribut minta kelon, belum sempet ono ini, dll, dst.. Hiks, manajemen waktu saya kacau balau. Beberapa kali baca dan dapet materi tentang gimana ngatur waktu, tapi semuanya berlalu begitu saja, belum ada perubahan. Emang saya nya yang ndableg kayaknya, hehehe..

Beberapa kali merasa puas dengan manajemen waktu hari ini. Caranya? bikin to do list. It's very helpfull. Tapiii...ya itu, kadang lupa lagi, kadang keasyikan nongkrong di koperasi kantor, kadang kebanyakan ngobrol jadi targetnya ga kecapai, seringnya karena lupa waktu maen Instagram. Hufft!

Trus tadi pagi, pas dengerin ceramah di radio... eh, wait, radio? Iya, ini kebiasaan baru keluarga kami. Gak langsung nyalain tipi begitu bangun tidur, tapi dengerin radio MQ FM dulu, mayan..buat asupan rohani pagi. Jadi tadi di radio dibahas tentang bagaimana Rasulullah menjalani hari-harinya. Saya sambil masak sambil pasang kuping dengerin, bahwa emak-emak emang multitasking, terbukti!

Diawali dengan statement: Jika banyak masalah, jika hidupnya ga teratur, pasti itu gara-gara sholatnya gak tertata. Jlebb! 

Udah banyak dalil buat menyegerakan sholat, tapi teteeep...aja, menunda-nunda, hikss.. Pernah denger gini: kenapa dalam Al Qur'an itu bilangnya menegakkan sholat, bukan melaksanakan sholat? Maksutnya ya sholat di awal waktu itu. Jadi gak sekadar melaksanakan sholat, tapi harusnya sholat di awal waktu. Yang dimaksut menyegerakan itu batasannya gimana? kalo kata guru ngaji saya, maksimal 30 menit setelah iqomat, itu masih dianggap sholat di awal waktu.

Trus..trus..bagaimana sih keseharian Rasulullah? penasaran kan kan kaaaann? #mintaditoyor

Nah, mulai dari pagi ya.. Rasulullah bekerja saat pagi sampai siang hari, istilahnya jaman sekarang sih demi sesuap nasi dan segenggam berlian, hehe.. Nah, di saat sibuk-sibuknya kita mengejar dunia alias bekerja, maka inilah pentingnya sholat dhuha. Untuk mengingatkan kita kembali sama Sang Pencipta. Dan kmaren pas nonton BERIMAN di Trans TV, lebih utama dhuha itu di akhir waktu, yaa..sekitar jam 10-11 kali ya. Dua, empat sampai 12 rakaat, mana yang sreg di hati.

Trus sekitar 15 menit sebelum Dhuhur, beliau rehat..tidur. Gak perlu sampe 2 jam ya tidur siangnya, cukup 15 menit. Dan ini sejalan sama penelitian kekinian, yang katanya kinerja seseorang akan meningkat kalo siangnya menyempatkan untuk tidur siang 15-30 menit. Kalo tadi kata ustadznya (lupa namanya) sih tidur siang ini akan membantu kita buat bangun malam juga. Dan kemudian Rasulullah akan dibangunkan oleh adzan Dhuhur. 

Setelah Dhuhur atau Ashar, seringkali beliau berada dalam majelis ilmu. Nah, ini kayaknya waktu yang pas ya buat ikut kajian atau ngaji atau dzikir petang. Kemudian setelah Maghrib beliau makan, dan setelah Isya beliau menyegerakan tidur agar nanti di sepertiga malam bisa gampang bangun untuk qiyamul lail. MasyaAllah... teratur sekali ya hidup beliau.

Naah..ini dalam rangka biar gak lupa isi ceramah yang tadi sih, makanya ditulis disini, ahaha.. Selain karna pengeeen banget bisa teratur hidupnya, tentu dengan berbagai penyesuaian ya, karna saya ngantor sampe jam setengah 5, T-T #kemudiancurcol.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^