Jelang Cuti

#sapu-sapu
#bersihin sarang laba-laba
#kebat-kebatin keset

Lama nian saya gak nengokin rumah ini. hehe..
Sekarang debay udah 36 week. Pekan depan udah mau cuti...wohooo...ga sabar pengen cepet cuti. Kalau 2 kehamilan sebelumnya saya ambil cuti sedikit di awal biar pasca lairan masih lama cutinya, kali ini harus berubah haluan. Kali ini saya ngambil 1 bulan di awal demii...demiii...

jeng...jeng...

bisa lairan normal pervaginaan *aamiin....ya Rabb....

Ceritanya pengen punya waktu lebih banyak buat exercise, berhubung kalo kerja tu cuma duduuuk aja. Jadi otot-otot bisa lentur dan lairan bisa lancar dan mudah *aamiin lagi

So..so..apa aja exercise yang direncanakan akan dilakukan? (catet: direncanakan lo ya, hehe)

1. Jalan kaki minimal 30 menit per hari
Ini kayaknya exercise wajib bumil deh. Lebih bagus lagi kalo bisa sejam. Tapii...liat kondisi ya. Kalau udah keringet dingin, mata berkunang-kunang dan berasa dunia gelap #lebai, ya jangan dipaksa. Masing-masing bumil kondisinya beda-beda. Sesuaikan dengan kemampuan badan masing-masing.
Trus jalan kakinya jangan yang kayak putri kraton ya, tapi jangan lari-lari juga #horor bayangin bumil lari-lari. Jadi agak jalan cepet gitu, biar debay nya bisa turun ke panggul trus lairannya cepet *aamiin untuk kesekian kalinya.
Paling enak jalan-jalannya di mall atau sambil berasa, dijamin deh jalan 2 jam gak kerasa, wkwkwk...tapi mosok tiap hari mau ke mall #kekep dompet

2. Goyang inul di gymball
Gymball nya bisa cari di ace hardware atau gramedia, kalau saya sih nyari di olshop demi mendapatkan harga terekonomis #teteeeuup. Oia, pilih gymballya sesuai tinggi badan ya.. kan ada gymball ukuran 55cm, 65cm, dst.. untuk panduan memilih gymball sila gugling, hehe..
Untuk goyang-goyangnya bisa ke arah depan belakang (maju mundur), samping kanan kiri, atau muter-muter. Panduannya bisa dicek ke youtube yaa...
Oia, latihan di gymball ini udah bisa dilakukan di usia kehamilan 28w dengan syarat: posisi kepala debay udah di bawah ya. catet!


3. Senam hamil
Nah, kalo ini disarankan seminggu 3-5 kali. Untuk jenisnya, ada banyaaak banget versi, dicari yang paling pewe aja. Ini salah satu contohnya yaa..



4. Naik turun tangga
tapi jangan tangga yg buat benerin genteng ya, ngeri. Kalau ada aja, buat nambah-nambahin gerak badan.

5. Butterfly position
kalo bisa 100x per hari. Caranya kaki diangkat, diturunkan, kayak kupu-kupu lagi ngepakin sayapnya.


6. All four position
ini juga latihan buat memperlancar lairan. bisa dicek di gambar bawah yaaa...

Sementara itu..nanti ditambah lagi kalo inget yang lainnya. Hehe..

Peer saat ini adalah bikin birth plan. Ini wajib loh. Biar kita punya gambaran persalinan kayak giman yang kita inginkan. Yuk yuk, semangat olahraga!!!