Dua Puluh Lima Kali Dua

Hari ini tanggal 25, 25 Januari 2013 tepatnya. Dan hari  ini juga saya tepat berumur 25 tahun menurut kalender matahari, yang artinya lebih tua lagi kalo pake kalender bulan. Kok berasa masih 22 taun aja yaakk,wkwkk *gak sadar diri. Saya baru inget setelah baca sms dari adek yang ngucapin selamat hari lahir, haha.. Dan sudah bisa dipastikan kalo Abi juga ga inget, karena kita emang bukan pasangan yang selalu inget hari lahir, trus ngasi surprise sambil bawa kado dan bunga, trus dinner romantis di restoran mahal. Sama sekali bukaan *walo ngarep juga sih kadangan >.<. Karena emang kebiasaan di keluarga besar saya yang gak pernah ato jaraaanggg  banget ngucapin ultah, apalagi merayakannya. Kata bapak, "gak penting." Jadinya terbawa deh sampe sekarang. Bukan sesuatu yang mesti dirayakan, kalo disyukuri sih boleh aja ya, Alhamdulillah kita masih dikasi usia sampe detik ini. Tapi mestinya sih kita *baca: saya* bikin evaluasi diri, apa-apa aja yang udah bisa saya berikan ke orang lain, apa-apa aja yang sudah berhasil saya capai. Trus abis itu bikin target deh. Mestinya...hehe.

Di usia 25 taun ini saya sarapan pake makaroni skotel ala happycall. Bikinnya sih kemaren, buat nyambut Abi yang baru dateng gitu critanya. Lupa *ato pura-pura gak inget* kalo Abi gak suka makanan yang eneg-eneg macam ini. Pokoknya segala yang berbau keju, susu, ato sosis. Ya udah deh, saya abisin. Jangan salahin Umi kalo abis ini nambah beberapa kilo ya Bi, kan daripada mubazir, mengingat kalori makaroni skotel yang supertinggi *nyengir iseng.

Di tanggal 25 ini pula saya belum nyelesein kerjaan kantor saya yang Surat Tugasnya udah selese dari kapan hari. Itu artinya, mari kita kembali bekerja, :D


Review Setelah Seminggu MPASI

Udah seminggu lebih mbak Nara resmi MPASI. Seneng karena anaknya excited maem ^^. Niat awal mau pake metode BLW alias Baby-Led Weaning. Setelah dijalani, saya baru sadar kalo metode full BLW ini lebih cocok buat Stay At Home Mom karena bisa diawasi penuh. Misalnya saya, bude yang momong udah langsung bilang kalo gak berani ngasih mbak Nara maeman yang keras-keras. Ya sudahlah, niatan buat full BLW langsung dieliminasi. BLWnya kalo sama saya, kalo sama bude tetep disuapin biasa. Cuma saya udah wanti-wanti banget ke bude, kalo sebulan ini mbak Nara maemnya buah dulu aja, trus kalo udah kenyang jangan dipaksa, trus juga kalo bisa maemnya sambil dipangku aja, jangan sambil jalan-jalan keliling komplek biar ndak kebiasaan. Selain itu abis maem wajib mimik air putih biar gak sembelit. Semoga bude inget semua wejangan saya.

Wah, kalo gini berarti saya mesti belajar lagi tentang MPASI konvensional, resep-resepnya, cara bikin puree nya. Karna dari kemaren mbak Nara maem disuapin cuma pisang sama alpukat,heheh..emak ga kreatip deh saya. Eh, berarti saya juga mesti belanja alat-alat buat MPASI dong *nyengir lebar trus langsung browsing di OLshop.

Alhamdulillah, disuapin pun mbak Nara mangap aja. Cuma emang kalo dia dah menghindar ato gak mau mangap, ya udahan maemnya. Trus kalo buat buah-buahan lunak macam alpukat ato pisang, sembari dia megang (baca: menghaluskan dengan tangannya, :D) sembari saya suapin juga. Yang penting dia belajar tekstur sama rasa asli buah-buahan. Oia, mbak Nara lebih suka puree buah tok tanpa dicampur ASIP. Pas dicampir ASIP malah disembur-sembur sama dia,hihi.. Dan buat metode BLW ini emaknya emang mesti tabah ngliat berantakannya, *elapkringet. Kalo buat buah yang keras macam apel sama pir, mbak Nara masih sering keselek-selek. Itu juga yang bikin saya kadang nyuapin dia, kesian liat dia batuk-batuk sampe kluar airmata,huhuhu..

cemong sama alpukat

Buat alat makan dan kawan-kawannya, kok saya gak serempong macam dulu sebelum MPASI ya. Dulu sampe ngelist mau beli apa aja, sekarang mah apa adanya aja, wkwkk... Pisau, wadah maem, sendok kecil, pake yang udah ada di rumah. Alat-alat makan juga gak saya sterilin, yang penting cuci bersih aja, semoga mbak Nara tahan banting *komat kamit baca doa. Buat ngalusin juga cuma pake sendok, karena kalo pake blender malah tambah susah bukan sih, yang dialusin kan cuma secimit. Paling yang tetep pengen beli itu slowcooker buat masak bubur, sama sendok dari plastik kali ya, soale kesian juga dia gigit sendok stainless yang keras ntu. Pikir saya, dulu aja ibu-ibu gak rempong kok kalo mau ngasih maem anaknya, sekarang ibu-ibu yang melek internet malah kayaknya jadi rempong sendiri

Oia, sekarang mbak Nara pupnya 1-2 hari sekali. Teksturnya bagus, gak cair gak keras *apaan sih. Warnanya menyesuaikan makanan, kalo maem alpukat yaa jadi ijo gituh, heheh.. Trus pisang yang gak bikin sembelit itu katanya pisang ambon, jadi sementara saya pake jenis pisang ini. Soalnya kekhawatiran para emak kalo pas anaknya udah maem kan ya sembelit ini, kesian liat anak ngeden-ngeden sampe merah.

Maem yang banyak ya Nduk, biar sehat ^^, Ummi beliin alat-alat buat MPASI deh *alibi, :P

Menu MPASI BLW 6 Bulan Mbak Nara

Hooaaah..kerasanya lamaaaa banget ga ngeblog. Karena saya udah mule sibuk *ehem, jadi waktu buat ngeblog dan browsing macem2 jadi sangat sangat jauh berkurang,heheh..

Mari kita apdet dulu perkembangan mbak Nara (6m2d). Udah bisa gulang guling sampe ngglundung sekali, udah makin susah dipakein popok karena sibuk gulang guling *elapkringet, resmi MPASI *yeeeeiiiyy. MPASI pertama saya kasih buah dulu. Sekarang lagi nyoba pear, saya kasih selama 3hari berturut-turut. Buat 2minggu pertama, saya ngasinya sehari sekali, 2minggu berikutnya 2xsehari. Nah, pas 7 bulan dst, 3xsehari. Nyobanya pake metode BLW karena praktis bangeeet,heheh..tinggal kupas buah trus mamam *dasar emak maleeesss. Buahnya saya kluarin dari kulkas dulu beberapa jam sebelumnya, soale mbak Nara sekarang lagi rada pilek. Emang sih rada deg2an ngliatnya, khawatir kesedak, tapi saya tabah-tabahin.Gimana reaksi mbak Nara? Wuiih..jelas semangat dong. Sempet kloloten dan muntah pas hari pertama. Oia, sebelum saya kasih MPASI, mbak Nara saya susuin dulu. Soalnya dia suka ngamuk-ngamuk kalo lagi laper trus ga bisa kenyang dari makanannya *iyalah..wong banyak jatohnya daripada yang masuk. Dan ini sesuai anjuran dari buku BLW sih, yaitu susui anak sebelum makan. Biasanya sih setengah jam mbak Nara udah mule bosen, buahnya bukan dimakan tapi dipukul2in di bumboonya.

Menu 6 bulan MPASI BLW mbak Nara: *males bikin tabel,wkwkwk
Buah: pear, alpukat, melon, apel, semangka, pepaya, jeruk, tomat, jambu merah, mangga.

Hari 1-3: pear
Hari 4-6: alpukat
Hari 7-9: melon oranye
Hari 10-12: apel
Hari 13: semangka, semangka+melon
Hari 14: semangka+alpukat 2x
Hari 15: pepaya, pepaya+pir
Hari 16: pepaya+apel 2x
Hari 17: jeruk, jeruk+pir

Hari 18: jeruk+melon 2x
Hari 19: tomat, tomat+apel

Hari 20: tomat+semangka 2x
Hari 21: jambu merah, jambu merah+alpukat
Hari 22: jambu merah+apel 2x
Hari 23: mangga, mangga+pir
Hari 24: mangga+melon 2x
Hari 25: pisang, pisang+pir
Hari 26: pisang+semangka 2x
Hari 27: melon+tomat, melon+jeruk
Hari 28: pepaya+jeruk, pepaya+mangga
Hari 29: pir+jeruk, pir+jambu merah
Hari 30: apel+tomat, apel+mangga
Hari 31: alpukat+pir, alpukat+apel

Karena belum percaya memasrahkan metode BLW sama bude yang momong, sementara ini maemnya pagi sebelum saya berangkat kantor, rencananya kalo siang pas saya pulang. Kalo entar saya siang gak sempet pulang, kayaknya pake spoonfed aja sama budenya. Kalo malem sih belum pernah nyoba, tapi males juga bersih2nya abis maem,hehe.. Kalo pagi kan abis maem langsung mandi. Semoga mbak Nara udah pinter maem pas nanti 7 bulan, jadi saya bisa serahin ke bude yang momong *amiiiiiiinnn

Oot dikit, sejak musim ujan rumah saya banyak pendatang, mule dari kodok, tokek, sampe lintah. Kalo tikus sih udah lama sering mampir sini. Trus salah satunya hampir tiap malem 'numpang' buang hajat di kamar mandi saya karena pagi2 barang bukti selalu ada,hehe.. Apa perlu saya pasang tarif make kamar mandi yak :D