Perlengkapan Asi Eksklusif

Atas permintaan temen (Gur, bayar!!!), saya tulisin beberapa perlengkapan dalam rangka Asi Eksklusif. Beberapa alat mungkin berguna bagi orang lain tapi gak terlalu berguna bagi saya, ataupun sebaliknya. okee..kita mulai

1. Pompa ASI
Wajib dimiliki ini, paling gak pompa yang udah dikasih Tuhan alias tangan,hehe.. Ada beberapa jenis:

Plus Minus
Pompa Manual Gak perlu bingung nyari colokan; harga lumayan terjangkau (tergantung merk); kuat lemahnya isapan bisa diatur Tangan pegel
Pompa Elektrik Tangan gak pegel, tinggal colok aja dan tangan tetep bisa ngapa-ngapain; kayaknya ada pengaturan kuat lemah isapan (tergantung merk juga) Rada mahal; perlu colokan (tapi ada juga yang bisa pake batere, walo banyak yang bilang kalo pake batere performanya beda kalo dicolok langsung)

Nah..kalo mau, sebenernya bisa juga tanpa pompa, cuma modal tangan. Kelebihannya dibandingkan dengan 2 pompa di atas, gak perlu disterilkan, cukup cuci tangan ^^. Mompa pake tangan alias marmet (memerah memakai tangan) ini perlu teknik khusus, kalo engga ASI bakal muncrat kemana-mana. Saya sendiri belum mahir,hehe..
Trus masalah pompa ini, cocok-cocokan merk juga kayaknya. Kalo saya sih sekarang cocok pake Pigeon Manual, cuma mancing LDRnya ituloooh..susah amir yak (malah curhat, :p)


2. Sterilizer
Buat saya ini penting. Sebenernya bisa juga direbus sendiri, cuma kalo pas lagi buanyak cucian botolnya, mending pake ini deh, tinggal cemplang cemplung, set timernya, tinggal ngerjain yang lain. Saya pake merk Little Giant yang 6 botol, murah dibandingkan merk lain, 175k aja.

3. Kulkas
Ini wajib!!! Gimana mau nyimpen ASIPnya kalo gak ada kulkas. Gak mesti punya sih, bisa nitip ke tetangga ato ke kulkas kantor ^^. Kalo yang satu pintu, cuma bisa nyimpen ASIP selama 2 minggu, kalo yang dua pintu bisa nyimpen 3-4 bulan. So, pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

4. Botol Penyimpanan ASIP
Ada banyak opsi, bisa pake botol kaca tutup karet, botol bekas UC 1000, ato pake botol plastik yang BPA-free. Eh, slain botol, bisa disimpen di plastik khusus ASIP sih, cuma jatohnya mahal karena sekali pake. Selain itu, rawan bocor juga.

Botol Kaca Tutup Karet Botol Bekas UC Botol Plastik BPA-Free
Dimensi Tinggi: 11cm; Diameter Dasar: 5 cm; Diameter Mulut: 2,3cm Tinggi: 12.5cm; Diameter Dasar: 5cm; Diameter Mulut: 1.8cm Macem-macem, sesuai merk
Daya Tampung 120 ml 150 ml Macem-macem, sesuai merk
Maksimal Diisi ASIP 100 ml 120 ml Macem-macem, sesuai merk
Catatan Saya lebih suka ini daripada botol bekas UC, soalnya mulut botol lebih lebar jadi mudah dibersihkan Kalo pake botol plastik, lemak ASIP akan lebih banyak nempel daripada kalo pake botol kaca.

5. Botol Plastik BPA-free buat nampung hasil pumping
Saya beli 3 buat ganti-ganti dipasang di breastpump nya. Pastikan mulut botol sesuai dengan jenis pompa


6. Dot ato Cup Feeder ato Soft Feeder
Ini buat media pemberian ASIP ke bayi. Kalo untuk menghindari bingung puting, bisa pake cup feeder ato soft feeder, tapi risikonya tumpah-tumpah. Saya sendiri pake dot (bandel,hehe..), pake yang merk Huki (yang karetnya pipih). Mbak Nara sempet bingung puting, tapi alhamdulillah sekarang engga.

7. Cooler Bag dan Blue Ice
Saya gak pake karena emang mompanya di rumah. Buat working mom yang mesti menempuh perjalanan jauh dari kantor ke rumah, wajib punya ini.

8. Tupperware/ Wadah Lock n lock
Buat wadah pompa. Kalo pas mompa di kantor, abis pompanya dipake, cukup dicuci trus disiram air panas dari dispenser. Nah, inilah fungsinya Tupperware ntu, buat wadah sterilisasi darurat itu. Ntar pas sampe rumah baru disterilkan dengan benar.

Emang ga sedikit, dan gak murah, tapi anggap aja investasi ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ^^