Rahasia Pumping

Sssstt...jangan bilang-bilang! Kan rahasia, hehe..
Jadi, setelah browsing sana sini kenapa kok hasil pumping dikit, saya jadi ngeh. LDR!! Yap, Let Down Reflex. Selama ini kalo pumping ya saya pumping aja, gak coba nyari LDR. LDR ditandai dengan payudara (PD) yang tiba-tiba mengeras, biasanya sih nyut-nyutan rasanya. Nah, pas itulah ASI keluarnya banyak.. Jadi, kalo mau pumping sekarang sesinya gini:
- Rileks
- Abis ntu baca doa
- Stimulasi p*ting biar dapet LDR ( bayangin wajah baby sambil ditarik-tarik p*tingnya seolah-olah baby kita lagi nenen,hehe..)
- Begitu udah kerasa kenceng, langsung deh pompa
Kemarin dipraktekin, dan hasilnya lumayan^^, pumping siang dapet 220 ml, pumping malemnya dapet 140 ml. Ye ye ye...
Kayaknya kalo yang udah jago, sekali pumping bisa dapet berkali-kali LDR ya. Saya sih baru sekali aja LDRnya selama pumping. Fufufu..kenapa dari kemaren gak ngeh-ngeh ya. Ternyata PD penuh bukan jaminan hasil pumping banyak, kalo gak dipancing LDRnya. Hohoho..happy pumping deh ^^

Full Clodi? Engga Tuh

Yap yap, kali ini mau crita tentang dunia perpopokan. Sejak hamil mbak Nara, rajin browsing sana sini tentang macem-macem, salah satunya tentang clodi ato popok kain modern ini. Sejak saat itu bertekad buat makein clodi ke mbak Nara, gak mau pake popok sekali pakai (pospak) pokoknya. Dan perjalanan untuk memulai berclodi ria ini gak gampang, mesti berdebat sama mbahtinya mbak Nara dulu, :D
Mbahtinya ngrasa kasian kalo mbak Nara (yang waktu itu baru usia 2 minggu-an) dipakein clodi yang nampak kegedean buatnya, khawatir kakinya ngangkang. Pertimbangan saya makein clodi sedini mungkin, biar najis dari pipisnya mbak Nara gak kemana-mana, lebih menentramkan hati. Jadi waktu itu saya siasatin dengan makein popok tali dan cover clodinya aja, belum pake insert. Pas umur sebulan baru mule saya pakein insertnya. Trus lagi, mbahtinya minta mbak Nara dipakein pospak biar bisa dipakein celana lucu-lucu. Saya tetep kekeuh ga mau (eh, pernah dipakein sekali ding waktu itu). Akhirnya celananya tetep dipake, tapi dibungkus lagi sama clodi cover,hehe.. Jadilah pospak yang dibeliin eyangnya nganggur gak kepake, abisnya nekat beli sih walo udah bilang gak mau pake pospak. :D
Nah, niat awalnya mau 24jam berclodi ria, tapi gak jadi. Bukan karena selang seling sama pake pospak, tapi karna selang seling sama celana biasa. Siang berclodi, malem celana aja. Kebalik yah? Biasanya kan malem yang pake clodinya, biar gak bolak balik kebangun karna pipis.
Kalo saya, siang clodi-an biar pipisnya mbak Nara gak kemana-mana, secara kalo siang tu mbak Nara bobo aja mesti gendong. Kalo pas bobo, begitu ditaruh, 2 menit dah bangun *tepokjidat. Jadi kalo pengasuhnya mau bobo siang ya sambil gendong mbak Nara (yang juga lagi bobo). Tapinya kadang mau dikelonin biasa sih. Yang jelas gak bisa kalo ditinggal. Nah, malemnya ini nih, mbak Nara biasanya cuma pake celana panjang. Sejak usia 2 bulan-an, biasanya sih mbak Nara gak pipis selama bobo malem. Kadang pipis, tapi cuma sekali, abis diganti celananya dia bobo lagi. Ato kalo masih bangun, disusuin sambil ditepok-tepok pantatnya, trus bobo lagi. Efek dari cara ini, mbak Nara bebas ruam popok ^^, Alhamdulillah..
Oia, mengenai kebiasaan digendong pas siang itu, saya ngikutin saran dari buku Baby Booknya Dr. Sears. Tips agar bayi tidur malemnya anteng, ga rewel minta gendong adalah dengan banyak menggendongnya waktu siang, dan itu terbukti loh :D
Mbak Nara pinter, memudahkan emaknya (yang mana saya kerja dan baru pulang jam 5 sore, jadi pulang-pulang gendong mbak Nara bentar trus abis ntu ngelonin mbak Nara, :p), tapi nyusahin pengasuhnya (yang mesti gendong dari pagi sampe sore,hehe..) *cengarcengirbahagia

Anakku...

ayu ^^

mbak Nara di usia 2 bulan 11 hari

Seninya Pumping...

Pumping itu....
Diawali dengan makan yang banyak, dilakukan dengan kesabaran+waktu luang+air putih sebotol gede=120ml
Itu seninya pumping ^^

Setelah tadi subuh mentok di 30ml (padahal targetnya 200ml >.<), saya mule nyari-nyari suplemen apa yang bisa nambah produksi ASI. Banyak saran, diantaranya:
- kacang hijau/ sari kacang hijau
- habbatussauda
- sari kurma
- kacang mede/ kacang tanah
- daun bangun2
- jus pare (eeewww..)
- dll
Saya sih mau nyoba yang enak-enak dulu, hehe..dimulai dengan sari kacang hijau, berharap hasil pumping siang ini bisa 200ml (ngareeeppp..wkwkwk..). Ternyata setelah 15 menit olahraga jari tangan (pompanya masih yang manual euy), mentok di 80ml. Hampir menyerah dan menyudahi, slain karna pegel, bosen juga rasanya, kluarnya cuma netes walopun udah dengan pose macem-macem. Tapi saya kuat-kuatin, disambi jalan-jalan, ngemil, dan minum BANYAK AIR PUTIH. Setelah setengah jam, alhamdulillah dapet 120ml. Senangnyaaaa... (hiks..terharu). Jadi, coba aja rumusnya, siapa tau bisa nambah hasil pumping ^^

kesabaran+waktu luang+air putih sebotol gede=120ml

ASIPkuuuuuu...

Setelah bertekad untuk sistem keluar satu masuk satu, kemaren saya gagal masukin sebotol stok ASIP ke freezer. Gimana engga, wong hasil pompanya dikit, gak cukup buat mbak Nara (dan terpaksa nurunin dari freezer 2 botol untuk kemaren, hari ini juga ding). Huhuhu...apa gara-gara kurang makan ya, kok hasil pumping jadi menurun drastis begini >.< Dan kayaknya emang hasil pumping yang sedikit ini jadi masalah buat hampir semua ibu yang nyetok ASIP deh.

Biasanya sekali pumping bisa dapet 140ml, lah kemaren cuma dapet 60ml, bahkan tadi subuh cuma 30ml, hiksss...Nyoba pumping pake tangan, malah muncrat kemana-mana. Gaswat ini kalo begini terus-terusan.
Hari ini bertekad makan banyak, biar ASInya juga banyak. Tertarik juga minum habbatussauda buat booster ASI.

Ngomong-ngomong tentang booster ASI, pernah baca kalo pare ampuh buat booster, jadilah kemaren pas makan siomay saya dengan suksesnya (dan untuk pertama kalinya) makan pare rebus. Tapi kok pup mbak Nara jadi ada kayak biji-biji itemnya ya, apa gara-gara ntu pare...Hmmm..
Tentang habbatussauda ini, udah tau dari dulu kalo bagus buat kesehatan. Jadilah dulu saya nyoba minum, yang bentuknya masih jinten yang dibungkus kapsul, tapi jadinya malah diare. Buat kali ini mau nyoba yang udah bentuk ekstrak, jadi minyaknya jinten hitam, moga-moga sukses ngebooster ASI dan saya gak diare kayak dulu.

Sekarang lagi banyakin minum air putih dan ngemil buah, biar ASInya lancar jaya. Oia, nyoba minum sari kurma lagi ah ntar, masih ada dari pas hamil kemaren.
Huhuhu...ASIPkuuu...banyak lagi doonggg..


Manajemen (??) ASIP> Keluar Satu, Masuk Satu


Kenapa pake tanda tanya? Karena manajemen saya belum teratur. Intinya sih mau crita-crita aja tentang ASIP dan pumping-pumping an.

Waktu masih cuti, kegiatan pumping bisa saya lakukan semau saya, soalnya banyak yang bisa gantiin momong mbak Nara. Dan selama sebulan saya bisa nyetok ASIP sekitar 4 liter-an. Lumayan banyak sih. Selain itu karena mbak Nara mimiknya belum banyak, sedangkan ASI saya alhamdulillah berlimpah. Karena selama cuti saya di Madiun, stok ASIP buat mbak Nara dibawa ke Jogja pake sterofoam yang diisi es batu+garam. Thanks God, suami paham tentang packing makanan beku. Jadilah ASIP itu selamat sentosa nyampe di Jogja, masih beku ku ku ku. Malah yang tadinya agak mencair jadi makin beku. ASIP yang saya taruh di botol-botol kaca itu saya masukin kresek trus saya selotip rapet biar kertas labelnya gak kena air dari es batu yang mencair.

Setelah dari Madiun, melanconglah kami (saya, suami, dan mbak Nara) ke Cilacap. Di usianya yang sebulan, mbak Nara dah jalan-jalan kemana-mana. Dan ternyata pas banget sama puncak arus balik -__-". Yang biasanya Jogja-Cilacap cuma 5 jam, ini sampe 11 jam. Mbak Nara rewel? jelas dong. Emang mbak Nara manusia super. Wong saya yang udah gede aja capek banget, apalagi mbak Nara yang baru umur sebulan. Nah, selama di Cilacap inilah saya jaraaangg banget pumping. Pumping cuma buat ngenalin dot ke mbak Nara ato pas mau pergi, sama sekali gak nyetok ASIP. Merasa PeDe dengan stok ASIP di Jogja critanya.

Dan sudah seminggu ini saya masuk kerja, meninggalkan mbak Nara di rumah (Nara kuuuu... >.<). Selama seminggu ini bisa dibilang saya kejar tayang nyetok ASIP. Lah, kan ada 4 liter di freezer? Soalnya sebisa mungkin saya ngasih ASI fresh buat mbak Nara, karena bagaimanapun ASIP yang udah beku nutrisinya dah berkurang. Ternyata saya ngos-ngosan. Mana sekali pumping di kantor dapetnya sekitar 60-80ml. Hikss.. Jadilah satu persatu stok ASIP dari freezer saya turunin. Di usianya yang 2 bulan ini, kebutuhan ASIP mbak Nara selama saya tinggal tiap harinya sekitar 200 ml. Jadi, separo kebutuhannya saya ambilkan dari ASIP beku, separonya dari hasil perah kemarin ato hari ini. Kan pas tu, ASIP bekunya emang disimpen dalam wadah berisi 100 ml. Lama-lama bisa abis nih stoknya, pikir saya, padahal Mbak Nara baru 2 bulan. Masih panjang perjalanan sampe nanti usia 24 bulan. Jadilah mulai kemarin saya keluarin satu botol ASIP dari freezer, tapi saya mesti masukin satu botol juga. Sekarang sih saya gak pumping di kantor (jadwal pumping yang mestinya 3 jam sekali, katanya, gak saya ikutin, hehe..), tapi cuma di rumah aja. Biasanya subuh, siang pas pulang kantor dan malem pas mbak Nara bobo. Entah sugesti, entah apa, kalo saya pumping di rumah hasilnya lebih banyak. Mungkin karena saya bisa rileks kali ya, jadi hasil pumpingnya lebih banyak.

Semoga mbak Nara bisa ASI terus sampe umur 2 tauun >.<, amiiinnn...

(Baru) Nambah Satu


Ahahaa....lain yang diceritain, lain pula blognya ^^
Yep. Nambah satu anggota keluarga kami, si imut Nara (kiss...kiss...mmmuaahh). Sekarang usianya mmm...2 bulan lebih 10 hari. Hoaa..udah gede ya ternyata.. Tiba-tiba udah 2 bulan lebih aja ( yang berarti juga tiba-tiba cuti bersalin saya juga udah abis. hikss...). Pengennya bikin scrapbook digital, buat foto-fotonya mbak Nara, cuma kok yo belum jadi-jadi mau donlotnya. Di kantor ada kerjaan (kok sempet ngeblog???) dan di rumah jelas ga bisa, momong mbak Nara soalnya.

Ada mbak Nara, ada temen di rumah. Pulang kerja biasanya mbak Nara dalam kondisi dah ngantuk, jam 7 ato jam 8 malem bobo. Subuh bangun, maen, mandi, jalan-jalan, trus diambil yang momong. Saya? siap-siap ngantor. Karena yang momong dateng jam 7, jadi saya mesti bisa siap ke kantor dalam waktu setengah jam karena setengah 8 saya udah harus berangkat. Alhamdulillah siang bisa pulang, bisa momong bentar sampe jam 1. Abis itu diambil lagi sama yang momong, saya beresin rumah dan pumping sampe jam 2. Molor sejam dari waktu istirahat (maap booss..), hehehe..

Jadi single parent lokal alias LDR-an sama misua, bikin saya MESTI mandiri. Nyuci popok pun mesti nyari waktu yang pas. Dan popok mesti dicuci tiap hari, gak kebayang baunya kalo sampe disimpen 2 hari, :p...Bisanya sih malem, pas mbak Nara dah bobo. Ngurus anak sendiri (kecuali wiken), tentu sama sekali gak terbayang sebelum saya nikah. Bahkan gak terbayang ketika saya hamil, karena waktu itu asumsi suami udah bisa pindah ke sini. Baru jelas-jelas terbayang setelah mbak Nara lahir, dan ketika membahas itu...paasti ujung-ujungnya mbrebes mili,hehe.. Membayangkan ngapa-ngapain sendiri (eh, sama mbak Nara ding), bikin nyeseeek. Sekarang, setelah menjalaninya sekitar 3 minggu, insyaAllah saya bisa. Dan Allah Maha Adil, mbak Nara gak rewel-an, malem pun anteengg banget. Bobonya di kasur, bangun cuma pas mau mimik, dan sekarang pun mbak Nara udah gak ngompol. Baru pipis ntar pas subuh, pas dia dah bangun, tapi langsung berkali-kali,hehe.. Secaraa..nahan pipis semaleman. Yap, sama sekali gak ngerepotin emaknya ini. Paling agak rewel pas malem mau bobo aja ato pas udah abis mandi (mbak Nara pasti minta keluar, jalan-jalan. Ngerasa dah cantik jadinya mau ngeceng dia,ahaha..)

Waktu rasanya cepeet banget berlalu, tiba-tiba udah hari Rabu aja. Tapi gak pa pa, biarlah waktu cepat berlalu, agar segera menemui wiken (dan bertemu dengan Abinya Nara ^^). Huff..seandainya adakah alat untuk memperlambat waktu? jadi waktu 2 hari bersama suami serasa 2 minggu. Doraemooonnnn... >.<

Sehat ya Nak, jadi anak pinter dan shalihah. Makasih udah temenin Ummi dengan celotehanmu (hauuu..hauu..akhuuu..ughaaahh..), :)

*postingan geje saat melon