Soto Betawi H. Pitung

Abis paginya sarapan bubur, siangnya makan soto betawi. Critanya lagi kangen sama kuliner Jakarta, T-T
Pas kami dateng, lagi sepi. Blas ga ada pembeli, jadi ragu juga, jangan-jangan gak enak, tapi di reviunya lumayan katanya. Ya udin deh, udah nyampe ini. Trus baru sadar kenapa sepi, waktu itu kan jam setengah tiga, bukan jam makan siang, jelas aja sepi. Dong..dong...
Tempatnya warungnya di deket pasar Ngasem, deket Tamansari, yang kalo lagi rame, macet banget. Haha..
Lupa waktu itu di menunya apa aja, yang jelas soto betawi (bletaakkk!!). Hehe..yang bedain cuma isinya, ada yang jeroan, sapi sama ayam apa ya. Kami pesen yang daging aja, 2 mangkok. Trus nasinya sepiring aja, lagi gak mut maem nasi soalnya.
Sambel nungguin sotonya, maem krupuk rambak dituang sambel sama kecap yang banyak. Ini cemilan kesukaan kalo lagi ngewarung, terutama warung bakso. Karna biasanya ada krupuk kecil-kecil yang dibungkus plastik gitu. Asik makan, suami liatin aja (sambil makan krupuk juga deng, tapi gak ditambah apa-apa). Ikutan nyoba dan katanya enak, hohoho..
Akhirnya, sotonya dateng..penampilan, menarik lah. Pake pemanas mini gitu, :D

Nampak enak, pas dicoba..yang kerasa pertama rempahnya. Apa ya, kayaknya jinten trus yang nampak berminyak itu, kayaknya margarin, bukan minyak sayur. Isinya standar soto betawi lah, kentang, wortel, daging plus emping. Overall rasanya eneg. Hehe..
Makan dikit sih gapapa, tapi semangkok cukup bikin eneg perut saya. Dan kami memutuskan buat nyari tempat makan soto betawi yang laen,hehe..

Alamat Soto Betawi H. Pitung: Jl. Ngasem No. 52, Yogyakarta. Dari pasar Ngasem ke utara, kiri jalan.

Bubur Ayam Syarifah cabang Tamsis

Udah dari kapan ya dateng ke tempat ini, tapi baru direviu sekarang,hehe..
Jadi, critanya, waktu itu saya lagi hamil muda (sekarang juga masih deng), dan pengen sok-sok an ngidam gitu. Ngidamnya sih nungguin suami, biar ada yang nganterin (ngidam kok bisa ditunda?!!). Nah, jadilah, sehari itu kami muter-muter buat wisata kuliner. Dimulai dari paginya, makan bubur ayam. Entah kenapa, beberapa hari sebelumnya kebayang-bayang mulu bubur ayam ala Jakarta. Kalo dulu pas di Jakarta sih gampang banget nyarinya, abang tukang bubur yang lewat juga banyak. Lha, di Jogja ini saya gak tau belinya dimana. Ada sih yang pernah dicoba, cuma rasanya gak se-memuaskan seperti bubur ayam di Jakarta sono (halah). Gugling, cari-cari tempat jual bubur yang enak, eh..ada. Agak jauh dari rumah sih..tapi..demi bubuur.. T-T
Yap, jadilah kami sarapan bubur ayam Jakarta Syarifah. Ada banyak cabang sebenernya, tapi yang paling deket sama rumah kami di jalan Taman Siswa, pokoknya kalo dari arah selatan, Neutron masih lurus ke utara. Ada di kanan jalan, di halaman salon apaa..gitu, samping warnet. Sekali mencoba langsung jatuh cintrong, dan jadi tempat makan yang dimasukin ke daftar wisata kuliner. Nyam..

Haha..karena gak poto-poto, jadinya nyomot dari tokobagus.
Seporsi 6 rebu, paling enak makannya kalo dicampur-campur mulai dari kuah kuningnya plus kecap manis plus kecap asin plus sambel yang banyak. Glek..lapeer.
Yang paling menarik tu kalo beli bubur dibawa pulang, pake wadah plastik gitu, bagus.hehe..

Dari empat tempat makan bubur di Jogja, ini yang paling enak menurut saya. Gak pake kuah macem-macem pun udah enak, buburnya sendiri udah gurih. Kalo sate jeroannya, jarang-jarang nemu. Beberapa kali kesana, baru sekali ketemu sama satenya. Isinya sih standar sate bubur ya, ati, ampela, usus..gitu deh. Tapi ukurannya lumayan gede,hehe.. 1500an apa ya, lupa. Paling enak makannya minta krupuknya dipisahin, jadi banyak soalnya,ahahaha...Biasanya makan berdua di sana abis 14rebu, bubur 2 mangkok plus teh anget manis satu gelas (biar romantis... *romantis apa ngirit??hihi..).

Alamat Bubur Ayam Syarifah cabang Tamsis: Jl. Tamansiswa No 67, Yogyakarta

Sup Jagung

Sudah berapa bulan ini gak posting?hwehehehe..keasikan maen di forum sebelah jadi silent reader, lupa punya rumah yang mesti diurusin. Dan lagian, akhir-akhir ini saya jarang masak, makan di kantin mulu,:D
Kemaren malem, suasana dingin (karna kipas angin), jadi pengen makan yang anget-anget. Inget ada jagung di kulkas plus sebelumnya dicritain temen kalo dia dimasakin sup jagung sama istrinya, jadilah saya mupeng. Jagungnya cuma sebiji, jadi ya bakal cuma seiprit jadinya. Dan ternyata, jagung yang cuma satu itu, pas dibuka kulitnya, ladalah..krowak alias bolong separo bagiannya T-T, jadinya makin gak kliatan jagungnya,hehe..

Ada yang bisa liat, itu saya lagi nonton apa di tipi. Hihi..karna motonya di depan tipi, baru sadar siarannya ikutan mejeng, :P
Kalau dilihat-lihat, nampak seperti bukan sup jagung, lebih mirip sup telur ya?
*blushing
Hihi..karna jagungnya seupriit, udah gitu ngendon di bawah mangkok lagi.
Nah nah, apa aja bahan dan bumbunya?

Sup Jagung
-jagung manis yang udah dipipil/disisir
-sosis, potong tipis-tipis
-telur, kocok (optional)
-tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air (buat pengental)
bumbu:
-1 bawang putih, 2 bawang merah dan sedikit mrica butiran. Semuanya dihalusin.
- garam, gula
cara bikin:
- Tumis bumbu halus, setelah wangi tambahkan air
- Tunggu sampai mendidih, masukkan jagung dan sosis
- Setelah jagung mateng, masukin telur sambil diaduk-aduk terus, trus tambahin gula dan garem.
- Pas mau diangkat baru masukin larutan tepung maizenanya.

- Tinggal dimaem, ^^