Belut Balado Plus Roti Isi

Baiklah, saya mengakui kalo saya lagi doyan banget bikin balado-balado-an. Seperti bekal saya siang ini,

Isinya: Nasi putih, buncis yang disangrai (karna digoreng tanpa minyak) trus belut balado. Karna agak geli sama bentuknya belut, saya potong kecil-kecil biar gak nampak bentuknya kayak gitu. Melihat ada yang nangkring di atas nasi? Kurang jelas? Nih...
Bunga tulip dari wortel sama timun. Belum secantik contohnya sih (Saya dapet cara bikinnya dari yutub), tapi lumayan lah... Untuk buahnya, ada pear sama stroberi. Niatnya: pear dibentuk kumbang trus stroberi dibentuk mawar. Tapi jadinya lagi-lagi ngaco. Trus sarapan saya hari ini roti isi telur-tomat-mentimun plus saos sambal.

Tongkol Balado

^^
Ternyata bikin balado gak sesulit yang saya sangka. Dulu saya mikir, selain masak yang ditumis-tumis (yang bumbunya cuma bawangmerah-bawangputih-garam-merica), semua masakan itu susah. Hehe..
Dan Sabtu ini saya belanja di pasar. Seneng, ^^ karna cuma wiken duang ke pasarnya.
Pas udah jadi, ngrasa bangga gitu. Trus pas saya pamer ke suami kalo udah bisa masak balado, suami bilang, "Gitu ya..pas mas ada di situ aja jarang dimasakin. Giliran sendiri malah masak yang enak-enak." Hihi..sebabnya sih karna saya pinginnya jajan kalo pas ada suami. Nyoba makan dimana-mana, sekalian pas ada yang bayarin. Kebalikannya, suami pinginnya masakan rumah kalo pas ketemu karna udah bosen makan di luar.

Btw, bersihin tongkol mesti ati-ati. Selain karna dagingnya yang super lunak, jangan sampe empedunya pecah. Ntar tongkolnya warnanya kehitaman dan pait.

Resep Rahasia Mendoan, ^^

For the first time saya bikin mendoan sendiri, :D
Critanya kemarin pas tanggal merah maulid nabi, mertua datang berkunjung. Trus ibu bikin mendoan gitu, nah...saya ngintip-ngintip, apa aja sih bumbu buat si mendoan enak ini.
Bahannya:
- tempe mendoan atau tempe biasa yang diiris tipis
- tepung terigu
- sedikit tepung beras
- daun bawang yang udah diiris
- air
Bumbu halus:
- garam
- ketumbar
- kemiri
- kunyit
- bawang putih
Takarannya? dikira-kira sendiri yak,hehe..
Campur bumbu halus dan bahan-bahan lain kecuali tempe. Trus goreng tempe di minyak yang banyak dan panas. Emang sih makan yang berminyak terlalu sering tu gak bagus, tapi sekali-sekali..ndak pa pa lah ya.., :P

Dasar Pinginan!

Mmm...gara-garanya saya suka gelap mata kalo ngeliat buah. Bat bet bat bet....ambil ini, itu..trus numpuk di rumah. Udah ada apel, masih pake beli pear, markisa. Trus kepingin jambu, sama pepaya. Fufufu...
Karna belum punya kulkas, jadinya buah-buah tertentu ga bisa tahan lama dan harus segera diabisin kalo ga pingin buang. Jadinya, pepaya jadi prioritas buat disikat. Dan jadi menu sarapan saya pagi ini, itung-itung membiasakan gaya hidup sehat dengan banyak makan buah. Plus roti goreng piscok kaya kemarin sama tomat ceri buat mempercantik tampilan. Eh, ternyata tomat ceri rasanya aseeemm beeuuutt....
Buat makan siang, ada sayur bayem (terinspirasi dari sodari yang kemaren masak sayur bayem,hihi..). Lauknya orek tempe sama telor asin. Buahnya saya siapin jambu merah. Soalnya keburu mateng banget, jadi mesti cepet-cepet dimakan.

Ayam Kremes Tulang Lunak Pak To

Siang, abis sholat dhuhur. Sekitar jam satu-an baru balik ke ruangan. Niatnya tidur-tiduran sebentar di masjid, eh..bablas sampai jam satu. hehe..
Balik-balik, udah ada sekotak nasi-ayam-goreng-kremes-tulang-lunak. Bbeuuhh..panjang banget judulnya. Alhamdulillah...dapet gratisan. Kalo kata suami saya, "hemat beiib". :P
Dikasi sama ibu-ibu di ruangan, ga tau dalam rangka apa. Tapi itu ibu-ibu emang sering bawa makanan ke kantor, entah jeruk, kue-kue. Baik banget ya?
Lumayan rasanya, cuma ternyata tulangnya gak lunak.hihi.. Yang paling mantep sambelnya. Maknyoss!!

Mie Ijo

Mie instan adalah makanan favorit kebanyakan orang, termasuk saya. Yaa...nggak favorit sih, cuma suka aja, hehe.. seperti yang kita tau, mie termasuk kategori makanan yang kurang sehat, kenapa?
1. karena bumbu mie instan asli dari MSG a.k.a Monosodium Glutamat
2. ada zat pengawetnya
3. zat pewarna juga pasti ada
4. kalaupun ada embel-embel mengandung vitamin, mineral, etc, itu gak banyak.

Nah, udah tau gak sehat, masih aja makan,
Hehe.., :p
Tadi malam ngidam bangeeuutt makan mie. Nah, biar ada tambahan gizinya, saya tambahin bayam rebus, telur dadar, plus air rebusan pertama gak saya pake. Bumbunya saya rebus sendiri trus ditambahin telur kocok dikit trus disiram ke mangkok yang udah disusun mie sama bayam rebus.
Dan, inilah hasilnya... Berasa jadi kayak sayur bayam, mienya malah gak keliatan, hihi..

Nila Makan Nila

Sedang mencoba membiasakan makan ikan setiap hari, mengurangi ayam, daging, dan produk olahannya (sosis, nugget, etc). Taraa...ini sarapan dan makan siang hari ini..

Sarapan hari ini: roti bakar pisang coklat plus buah pear. Pisangnya digoreng sama sedikit mentega. Sebelumnya dipenyet-penyet dulu tu pisang, biar agak pipih. Rotinya digoreng, pas masih di penggorengan dikasih pisang sama coklat cair, pake susu coklat ato meses juga bisa. Trus digulung deh. Jenis pisang sangat mempengaruhi rasa. Hmm.. mungkin yang paling enak pisang raja.

Buat makan siangnya, ada tumis bayam saos tiram, ikan nila bumbu manis, sama markisa. Gak berwarna-warni kali ini. Ikannya udah beli yang digoreng, trus saya bumbuin lagi. Mmm..terus terang, saya belum bisa bersihin ikan. Katanya sih ntar mau diajarin suami, tapi kapan ya.. Belum lagi gorengnya, nyiprat minyaknya trus lengket. Alesaannn aja, :P

Pantai dan Tempe Mendoan

Tempe mendoan kayaknya termasuk makanan pokok kalo di Cilacap. Tiada hari tanpa si tempe yang emang maknyus ini. Mulai dari sarapan, acara makan-makan keluarga, bahkan pas acara ngunduh mantu. Sudah mendarah daging lah pokoknya.
Dan saya, terus terang emang paling mengidamkan si tempe ini kalo sedang berkunjung ke Cilacap. Seperti halnya pekan ini, giliran Cilacap yang kami (saya dan suami) sambangi. Berjumpa dengan mertua tercinta, :)
Kami sampai di Cilacap jam 9 malam, langsung teparlah kami. Pagi-pagi, saya ngerengek-rengek ke suami, "mau tempe mendoaaannn". Biasanya beli di deket rumah, dimakannya sama urap sayur. Mantab dah!
Itu hari sabtunya, hari ahadnya giliran makan mendoannya di pantai. Di Cilacap ada Pantai Penyu namanya, ga tau sih aslinya ada penyu ato kagak di sana. Dan khasnya adalah makan mendoan sambil ngeliat laut. Jadi, dimanapun, kapanpun, bagaimanapun, makannya tempe mendoan. hehe..

(Pantai Penyu, Cilacap)

Abis subuh meluncur, bersama suami,bapak dan ibu mertua. 12 lembar mendoan berpindah ke perut kami plus 2 mangkok bubur ayam plus sebiji lontong nasi. Kenyaannngg..
Oia, pas lagi di pantai, ada orang-kurang-sehat-mentalnya yang wara wiri, dan sempet berhenti di depan kami. Daann...dia (menurut perasaaan saya) ngeliatiiinnn kami. Seraammm... Saya sampai mepet ke suami karna khawatir ntar kalo tiba-tiba si mas-mas yang ngeliatin kami itu nyamperin. Dan hasilnya, saya diketawain sama suami dan bapak ibu karna parno, -_-"

Dalam perjalanan pulang ke Jogja, bus berhenti di Kebumen. Ada yang jual mendoan juga, nyoba beli. Rasanya beda sama yang di Cilacap, ;(

Gambar diambil dari sini dan sini

Merah, Kuning, Hijau..

Brokoli sisa kemaren masih ada, saya tumis sama tofu. Dalam hati saya berjanji, gak mau makan brokoli rebus/ kukus doang tanpa dibumbuain (halah..). Judul masakannya sih Tofu Saus Tiram.. Not bad rasanya,:)

Ijo Brokoli, Oranye Jeruk

Kombinasi warna yang cantiiikkk...
Brokolinya saya kukus aja, ternyata rasanya bwaahh...saya gak suka. Rasa sayur banget, plain. Iihh...bergidik saya membayangkan memakannya kemarin (dimakan dengan cucuran airmata, huhuhu..... Lebai!!). Ngukusnya bareng sama masak nasi, biar gak dua kali kerja. Ternyata brokoli itu gampang lunak ya.. asumsi saya salah. Jadinya kemaren si brokoli ini terlalu lembek, hiyy...keinget lagi rasanya.
Jeruknya namanya apa ya, bentar saya liat notanya dulu..hehe.. (saya beneran ngelongok dompet loh). Ternyata notanya udah ilang, T-T
Ya sud, gpp..yang penting ni jeruk rasanya mantep banget. Kayak nutr*isa*ri gitu..

Yang coklat-coklat itu, tempe saya kecapin, nyontek iklan kecap pedas AB*C  gituuu... hehe.. Jadi gak pake tambahan apa-apa. Cuma bawang merah dan putih, trus si kecap ntu deh. Rasanya kayak sate, beneran! Karna saya masaknya agak kegosongan, jadi ada sensasi abis dibakar gitu.. Maknyus!